BEAUTY

Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

Raka Lestari
Kamis 22 Juli 2021 / 09:10
Jakarta: Hampir semua orang pernah mengalami jerawat. Namun terkadang, jerawat yang sudah sembuh meninggalkan bekas gelap pada kulit. Efek yang ditimbulkan ini tentu sangat menyebalkan dan masalah ini cukup sering terjadi.
 

Penyebab


Ketika jerawat muncul di kulit, secara teknis itu merupakan bentuk peradangan. Dan saat kulit mulai sembuh dan sel-sel kulit baru terbentuk, mungkin saja sel-sel yang dikirim untuk membantu memulihkan permukaan kulit tersebut mengandung terlalu banyak melanin.

Melanin adalah zat yang memberi warna pada kulit. Ketika sel-sel tertentu memiliki lebih banyak melanin daripada yang lain, hasilnya adalah bagian kulit yang lebih gelap. Kondisi ini disebut sebagai hiperpigmentasi pasca-inflamasi.

Apa pun yang membuat peradangan kulit menjadi bertahan lebih lama, seperti memencet atau memencet noda, dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
 

Cara alami menghilangkannya


Jika kamu ingin mengobati hiperpigmentasi pasca-inflamasi, tentu bisa mulai dengan pengobatan rumahan. Meskipun memang, banyak dari pengobatan rumahan ini belum memiliki bukti ilmiah untuk mendukungnya. Akan tetapi, tidak ada salahnya mencoba perawatan ini:

1. Vitamin C

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat mencerahkan kulit dan meratakan warna kulit. Vitamin C telah terbukti sebagai agen depigmentasi yang efektif yang mengurangi pembentukan melanin.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang terkenal memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah, lidah buaya disebut-sebut dapat menyembuhkan bintik hitam dari jerawat. Memang benar bahwa lidah buaya adalah agen penyembuhan yang luar biasa, terutama untuk kulit.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa penggunaan lidah buaya secara konsisten dapat menstabilkan kadar melanin dalam sel. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui batas efek ini.

3. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur adalah produk alami lain yang dapat membantu meringankan bintik-bintik gelap. Tidak ada penelitian tentang penggunaan topikal ekstrak biji anggur untuk tujuan ini.

Tetapi ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ekstrak biji anggur yang dikonsumsi selama 6 bulan secara oral bermanfaat bagi orang yang memiliki kondisi kulit melasma, yang mirip dengan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
(FIR)