BEAUTY

Ingin Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami? Ini Caranya

Rendy Renuki H
Jumat 25 Juni 2021 / 11:16
Jakarta: Rambut terutama bagi kaum wanita menjadi mahkota yang dibanggakan. Tak ayal para wanita kerap mengidamkan memiliki gaya rambut panjang dan indah.

Namun, memanjangkan rambut ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Beberapa faktor pun bisa mempengaruhi siklus pertumbuhan rambut.

Seperti hormon, faktor makanan, cara perawatan, dan faktor genetik. Sejumlah faktor itu harus diperhatikan jika ingin memanjangkan rambut dengan cepat secara alami.

Selain itu, beberapa cara berikut pun bisa dilakukan untuk memanjangkan rambut. Cara tersebut pun mudah dilakukan dan tentunya cukup alami. Berikut di antaranya:

1. Jangan keramas setiap hari

Anggapan keramas setiap hari bisa mempercepat pertumbuhan rambut ternyata salah. Justru karena keseringan keramas membuat kulit kepala menjadi kering dan rapuh.

Alhasil pertumbuhan rambut tidak sempurna dan memakan waktu lama. Disarankan melakukan keramas setidaknya 2-3 hari sekali untuk menjaga kelembaban kulit kepala.

2. Kurangi pemakaian alat

Para wanita kerap memakai alat seperti pengering rambut atau catokan. Padahal suhu panas yang keluar dari alat itu dapat mempengaruhi kondisi rambut.

Rambut akan menjadi rapuh dan mudah rontok. Sehingga akan sulit untuk memanjangkan rambut secara cepat.
 
 

3. Potong ujung rambut

Rajin memotong ujung rambut bisa mempengaruhi pertumbuhan dengan cepat. Cara ini terbilang sangat mudah karena bisa dilakukan sendiri tanpa ke salon. 

Cara ini pun dilakukan untuk menjaga rambut terhindar dari kerusakan. Seperti masalah rambut bercabang dan mudah patah.

4. Pakai Lidah Buaya

Khasiat tumbuhan ini memang sudah terkenal ampuh bagi rambut. Selain untuk kesehatan, lidah buaya juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut.

Disarankan untuk menggunakan lidah buaya yang langsung diolah dari tanamannya. Bukan olahan produk perawatan rambut yang mengandung lidah buaya.

5. Rutin pijat kulit kepala

Cara ini juga dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut dengan cepat. Lakukan pemijatan kulit kepala minimal tiga kali dalam sepekan.

Pemijatan itu berguna membantu melancarkan peredaran darah di kulit kepala. Sehingga proses tumbuhnya rambut akan lebih cepat.

6. Asupan nutrisi dan protein

Rajin mengonsumsi asupan nutrisi sangat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Seperti zat besi, omega-3, serta makanan yang mengandung pyrithione zinc.

Selain itu, protein juga bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Pilihan makanan bisa berupa daging, susu, dan kacang-kacangan.
(UWA)