BEAUTY

Selain Tabir Surya, Ini 7 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Yuni Yuli Yanti
Rabu 13 April 2022 / 08:00
Jakarta: Sunscreen, sunblock atau tabir surya merupakan produk perawatan untuk melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Seperti diketahui, kedua paparan dari sinar matahari tersebut dapat menyebabkan kerusakan kulit. 

Mulai dari kulit kering, kusam, noda hitam, warna tidak merata, hingga kanker kulit. Oleh sebab itu, pemakaian tabir surya menjadi hal wajib yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu akan beraktivitas di dalam atau luar ruangan. 

Sayangnya, menurut Dr Rinky Kapoor, Konsultan Dermatologis, Dermatologis Kosmetik, dan Ahli Bedah Kulit, The Esthetic Clinics, India, pemakaian sunblock saja tidak cukup untuk memberikan proteksi pada kulit. 

"Temperatur yang meningkat membutuhkan perlindungan khusus dari sinar matahari dan hanya menggunakan sun block saja tidak cukup. Ada makanan tertentu yang dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak akibat sinar UV dan menawarkan perlindungan dari sinar matahari," tuturnya dikutip dari HealtShots. 

Dr. Kapoor menyebutkan tujuh makanan yang dapat mencegah sun tan (kerusakan kulit akibat sinar matahari), di antaranya: 

 

1. Semua jenis buah jeruk

Vitamin C adalah zat paling utama yang sangat berperan dalam melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Tidak hanya itu, vitamin C juga dapat mengatasi berbagai masalah kulit seperti hiperpigmentasi kulit kendur, jerawat, bintik hitam, garis halus, dan kerutan. 

Buah jeruk, lemon, stroberi, blueberi, kiwi, dan lemon manis adalah sumber yang kaya vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas serta memperbaikinya.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Delima

Sama seperti tabir surya yang melindungi kulit dari luar, buah delima juga bisa melindungi kulit dari dalam. Buah dengan bentuk seperti permata berwarna merah ini kaya akan asam ellagic, anthocyanin, dan tanin yang semuanya dapat menjauhkan radikal bebas serta membantu memulihkan cahaya kulit.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Kembang kol

Makanan yang mudah didapat dan cara paling efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari adalah dengan menambahkan kembang kol ke dalam menu makananmu. Kembang kol kecil adalah pertahanan yang sangat kuat terhadap stres oksidatif dan mengandung histidin yang menyerap radiasi UV. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Semangka

Semangka adalah buah musim panas yang dikonsumsi orang agar tetap terhidrasi. Namun menurut Dr Kapoor, buah ini juga bisa memberikan perlindungan dari sun tanning dan bisa menjaga kulit tetap terhidrasi. Oleh karena itu, kamu akan mendapatkan kulit halus dan kenyal sekaligus ketika mengonsumsi semangka. Buah penuh air ini juga mengandung likopen dan vitamin C yang akan mendinginkan kulit dan dapat membuat kulit terasa lembut dan bercahaya. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Wortel

Wortel adalah makanan ringan yang paling sehat. Mereka kaya akan beta-karoten, likopen, dan vitamin C yang bergabung bersama untuk membentuk pertahanan yang sangat kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan penuaan dini. Bahkan, buah oranye ini juga bisa menambah kilau pada wajahmu.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Kacang-kacangan dan biji-bijian

kedua makanan ini diyakini dapat melindungi terhadap sengatan matahari, dan peradangan serta membantu melawan kanker kulit. Mereka juga tepat dalam serat sehingga memperlancar sistem pencernaan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

7. Ubi

Ubi jalar adalah salah satu makanan untuk mengatasi kerusakan kulit yang paling ampuh. Alasannya, karena ubi mengandung pati dan beta karoten yang mengurangi bahaya sengatan matahari dan penyamakan matahari. 

Selain itu, ubi jalar juga dapat membantu melindungi kulit dari penuaan dini dengan membantu mengurangi tanda dan gejala penuaan (kerutan dan garis halus) yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)