BEAUTY

Bukan Sekadar Bunga, Magnolia Juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Mia Vale
Rabu 22 Desember 2021 / 14:57
Jakarta: Magnolia mungkin masih terdengar aneh di telinga. Siapa yang sangka, saat kita sedang menikmati harumnya saat bunga magnolia mekar - utamanya saat musim semi -ternyata pengobatan tradisional Tiongkok telah mengandalkan khasiat tanaman hias ini untuk penyembuhan selama berabad-abad.

Melansir dari WebMD, magnolia dipercaya dapat membunuh bakteri dalam mulut, mencegah gigi berlubang dan banyak masalah mulut lainnya. Kulit magnolia pun dikatakan dapat digunakan sebagai obat seperti Alzheimer, stres, kecemasan, dan depresi.

Tak hanya untuk medis, ternyata magnolia juga bisa digunakan untuk perawatan ringan untuk kulit cantik dan sehat. Alasannya terletak pada dua komponen utama Magnolol dan Honokiol, yang memiliki efek antibakteri dan antioksidan

Bahan-bahan berharga diekstraksi dari kulit pohon dan digunakan untuk tujuan kosmetik. Ekstrak kulit magnolia memiliki efek yang sangat positif pada kulit. Itulah mengapa magnolia digunakan untuk merawat kulit yang sangat sensitif.
 

Membersihkan pori-pori dan peradangan 


Ekstrak kulit magnolia secara aktif dapat melawan peradangan, pembengkakan, atau gatal. Dinukil dari Studio Botanic, ekstrak ini mencegah dan kotoran dan menghaluskan penampilan kulit. Bahan antibakterinya memastikan bahwa bakteri terbunuh dan jerawat berkurang. 

Bahkan dengan ekstrak kulit magnolia, kulit yang teriritasi, merah, kering dan gatal dapat memberikan kelegaan. Kulit menjadi tampak sehat, bersih, dan merata kembali. Kelembutan ekstrak alami kulit magnolia juga ideal untuk area kulit sensitif.


manfaat bunga magnolia untuk kecantikan
(Ekstrak magnolia juga memiliki kemampuan sebagai regeneratif antioksidan alami. Foto: Ilustrasi/Pexels.com) 
 

Mencegah penuaan dini


Pengaruh lingkungan eksternal, seperti sinar UV, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit dan membuatnya menua sebelum waktunya. Untuk mencegah proses ini, banyak krim dan losion mengandalkan bahan-bahan yang menetralisir apa yang disebut radikal bebas. 

Ekstrak magnolia juga memiliki kemampuan yang mengesankan dengan bertindak sebagai regeneratif antioksidan alami. Kerutan kecil dapat dikurangi dan kulit terlihat bagus dan kencang. Pada saat yang sama, kulit terlindungi dari kerusakan kulit baru dan dengan demikian tetap segar untuk waktu yang lebih lama.
 

Mencerahkan kulit


Ekstrak magnolia dapat membantu menenangkan kulit wajah, mengurangi pigmentasi, dan bintik penuaan. Selain itu, ekstrak bunga ini dapat berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa zat honokiol dan magnolol memiliki kandungan 1000 kali lebih besar dibanding vitamin E. Pemakaian skincare dengan ekstrak magnolia secara rutin bisa membawa cerah alami dan terlindung dari paparan radikal bebas yang berlebihan.
 

Mengatasi masalah jerawat


Benjolan kecil mengganggu ini dapat dihilangkan dengan kandungan dari bunga Magnolia. Bunga yang memiliki lebih dari 304 spesies yang tersebar di berbagai wilayah Asia, Amerika Utara dan Amerika Selatan ini dapat membantu menghilangkan kemerahan dan rasa gatal pada kulit wajah.

Ekstrak magnolia dapat membantu mencegah dan menghilangkan jerawat pada wajah. Jadi, kamu sekarang tahu ekstrak bunga cantik ini banyak manfaatnya ya!

(TIN)