BEAUTY

Jelang Usia 30? Coba Konsumsi Paprika untuk Mencegah Tanda Penuaan

Yuni Yuli Yanti
Rabu 19 Januari 2022 / 14:00
Jakarta: Paprika adalah sumber vitamin A dan C, potasium, asam folat, dan serat yang sangat baik untuk tubuh. Mengonsumsi 250 gram sayuran super ini akan memberimu 70 kalori, 3 gram protein, dan 4-5 gram serat.

Selain itu, paprika juga merupakan sumber vitamin E yang baik, yang dikenal memainkan peran kunci dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Bahkan, paprika dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kulit awet muda. Maka, tak heran jika sayuran berwarna merah, kuning dan hijau ini cocok dikonsumsi untuk kamu yang ingin mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit.


(Mengonsumsi 250 gram sayuran super ini akan memberimu 70 kalori, 3 gram protein, dan 4-5 gram serat. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)


Mengutip dari HealthShots, berikut ini sejumlah manfaat paprika untuk perawatan kulit, di antaranya:
 

1. Vitamin A untuk kolagen

Paprika merah kaya akan pro-vitamin A (beta karoten), yang diubah tubuh menjadi vitamin A. Paprika menyediakan 93 persen asupan harian vitamin A. Baik lapisan atas maupun bawah kulit membutuhkan vitamin A untuk mempertahankan kekebalannya. 

Jumlah vitamin A yang baik dalam makanan dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari dengan mengganggu proses yang memecah kolagen. Selain itu, vitamin A juga membantu mempercepat penyembuhan, mencegah berjerawat dan berfungsi sebagai pelembap alami.

 

2. Karotenoid untuk perawatan kulit

Violaxanthin, antioksidan karotenoid umum dalam paprika kuning yang mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.


(Persentase vitamin C yang tinggi di dalam paprika membantu produksi kolagen.Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

3. Antioksidan untuk perlindungan

Capsanthin, yang bertanggung jawab atas warna merah yang kaya pada paprika, adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UVA dan UVB. Dengan demikian, menghilangkan risiko mengembangkan tanda-tanda awal penuaan pada kulit dan memperkuat kemampuan reparatif kulit.

 

4. Vitamin C untuk mengurangi kerutan dan pigmentasi

Sepotong paprika mengandung 170 persen RDI untuk vitamin C. Persentase vitamin C yang tinggi di dalamnya membantu produksi kolagen. Selain itu, makan paprika juga membalikkan tanda-tanda photoaging seperti pigmentasi, kulit kusam dan bintik hitam yang mulai muncul di usia 30-an.
(yyy)