BEAUTY

Trik Jitu Hapus Cat Kuku Gel Sendiri di Rumah

Sandra Odilifia
Kamis 15 Oktober 2020 / 14:01
Jakarta: Manikur dan pedikur merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan wanita untuk mempercantik kuku. Namun, bagaimana jika salon yang biasanya kamu datangi mendadak tutup? Mungkin kamu harus menghapus cat kuku gel sendiri di rumah ya!

Tentunya hal itu sangat merepotkan ya, belum lagi jika kamu tidak tahu tekniknya. Menghapus pernis manicure gel yang tahan lama dapat membuat kuku lebih rentan terkelupas dan rapuh.

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan dikutip dari ReaderDigest.

1. Luangkan waktu

Kesabaran dan waktu sangat penting untuk proses tersebut. Menurut Allure, minimal kamu harus memberi waktu 30 menit untuk menghilangkan cat kuku gel dengan benar. Jika kamu terburu-buru, kemungkinan kamu tidak menunggu aseton meresap dan terjadi kerusakan pada kuku ketika kamu mengikis cat kuku.

2. Potong kuku

Menurut kepala pendidik studio kuku Paintbox di New York City, Evelyn Lim, semakin pendek kuku maka semakin mudah menghilangkan cat kuku gel. Pangkas sebanyak mungkin bagian putih kuku sehingga kamu tidak perlu bersusah payah menghilangkan cat dari bagian yang paling membandel.

“Panas tubuh membantu proses pembuangan. Gel sulit dihilangkan dari tepi bebas (pertumbuhan kuku yang melewati ujung jari) karena tidak ada panas tubuh di belakangnya,” kata Lim.

3. Kikir lapisan atas

Buff kuku dengan kikir lapisan atas kuku gel yang mengkilap. Langkah ini adalah kunci dalam cara menghilangkan cat kuku, dan membantu aseton untuk menembus pernis pada kuku.


(Potong sebanyak mungkin bagian putih kuku untuk memudahkanmu dalam menghapus cat kuku. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

4. Lindungi kutikula

“Salah satu penyebab paling umum dari kerusakan kuku adalah kerusakan kutikula. Saat kelembapan memasuki unit kuku, kuku baru akan tumbuh dengan kelainan,” kata dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di The Mount Sinai School of Medicine, Dana Stern, MD.

Kamu dapat membantu melindungi kutikula selama proses penghilangan cat kuku dengan melapisi area sekitar kuku menggunakan minyak kutikula atau petroleum jelly.

5. Rendam dalam aseton

Untuk menghilangkan cat kuku secara efektif, kamu perlu merendam dalam cairan aseton 100 persen .

“Penghilang cat kuku non-aseton tidak cukup kuat untuk menghilangkan gel. Jika kamu mencoba menggunakan penghilang non-aseton, kamu harus menggunakan banyak tenaga yang tentunya akan merusak kuku dan tidak akan menghilangkan catnya dengan bersih,” kata ahli manikur selebriti dan pendiri JINsoon Nail Lacquer, Jin Soon Choi.

6. Bungkus setiap kuku dengan kertas foil

Celupkan bola kapas dalam 100 persen aseton dan letakkan satu di setiap kuku. Kemudian, bungkus setiap jari dengan kertas aluminium berukuran tiga inci. Ini akan menahan kapas yang dibasahi aseton di kuku dan menjaga larutan tidak menguap.

7. Rendam minimal 10 menit

Kamu perlu merendamnya minimal 10 menit untuk mengendurkan lapisan cat kuku. Untuk membantu mempercepat prosesnya, kamu bisa memakai handuk panas dan membungkusnya di sekitar tangan. Menurut Jin Soon, kehangatan membantu aseton bekerja sambil melembutkan cat agar lebih mudah dilepas.


(Kamu juga perlu mengoleskan minyak kutikula sesering mungkin untuk merehabilitasi area sensitif. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

8. Singkirkan cat kuku dengan lembut

Setelah cukup lama berendam, kamu mungkin melihat ujung cat menggulung. Saat gel benar-benar rusak atau terlepas, gunakan pendorong kutikula berujung karet untuk membersihkan cat dari pelat kuku kamu.

Hati-hati dalam proses ini, karena mendorong dan menggosok secara agresif akan merusak bantalan kuku. Jika kamu merasa masih terlalu keras, kamu harus mengulangi langkah perendaman.

9. Lembapkan kuku

Pelembab utama dibutuhkan setelah penghapusan cat kuku. Soon menyarankan untuk merendam jari kamu dalam lotion hangat yang mengandung minyak vitamin E atau menggunakan masker tangan untuk menghidrasi kulit. Selain itu, kamu juga perlu mengoleskan minyak kutikula sesering mungkin untuk merehabilitasi area sensitif.

Tunggu setidaknya satu jam sebelum menggunakan tangan untuk melakukan pekerjaan berat agar kuku tidak rapuh dan stres.

Selamat mencoba!
(yyy)