BEAUTY

5 Serum Rambut Buatan Sendiri yang Mudah dan Murah

Yuni Yuli Yanti
Rabu 20 Januari 2021 / 11:55
Jakarta: Siapa bilang kamu perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan rambut indah berkilau? Rambut yang sehat dan kuat juga dapat diraih dengan perawatan rumahan yang mudah dan cepat.

Kamu bisa menggunakan produk alami yang membuat rambutmu tetap terhidrasi, bergizi, dan juga tumbuh lebih cepat. 

Bukankah lebih baik menggunakan bahan-bahan alami daripada yang terbuat dari bahan kimia berbahaya? Nah, berikut ini adalah beberapa serum rambut buatan sendiri yang mudah digunakan pada semua jenis rambut, diantaranya: 
 

Rambut kusut

Bahan: 

- ¼ cangkir gel lidah buaya
- 2 sdm minyak kelapa
- 3 sdm air mawar
- 1 sdt minyak vitamin E
- 12 tetes minyak esensial melati
- Botol 8 oz
- Sisir gigi lebar dari kayu

Cara membuat: 

Blender gel lidah buaya dengan air mawar, minyak kelapa, dan minyak vitamin E. Haluskan selama beberapa detik hingga menjadi pasta. Lalu, tuang campuran tersebut ke dalam botol dan tambahkan minyak melati. Tutup botol lalu kocok perlahan. Simpan di tempat sejuk dan kering. 

Cara menggunakannya kamu hanya perlu menggosokan serum pada rambut yang lembap, lalu usapkan dengan handuk atau kaus bekas. Gunakan sisir bergigi lebar untuk menghilangkan kusut. Biarkan rambut mengering secara alami, dijamin rambut kusutmu akan hilang! 


Rambut rusak 

Bahan: 

- 2 sdm minyak argan
- 3 sdm minyak jojoba
- 3 tetes minyak esensial lavender
- 4 tetes minyak esensial cendana
- Corong kecil
- Botol 4 oz dengan pipet

Cara membuat: 

Dengan menggunakan corong kecil, tuangkan minyak argan dan minyak jojoba ke dalam botol. Tambahkan minyak esensial ke botol dengan hati-hati. Tutup botol dan kocok dengan perlahan. Simpan di tempat kering yang sejuk, dan hindarkan dari sinar matahari. Oleskan beberapa tetes saja (2-4 tetes) pada rambut lembap.


(Kamu bisa menggunakan campuran gel lidah, minyak kelapa dan air mawar untuk mengatasi rambut kusut. Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)

Rambut berminyak

Bahan: 

- 3 sdm minyak biji anggur
- 1,5 sdm minyak biji rami
- 1 sdt minyak biji semangka
- 4 tetes minyak esensial rosemary
- 4 tetes minyak esensial lemon
- Corong kecil
- Botol 4 oz dengan pipet

Cara membuat:

Tuang semua minyak ke dalam botol dengan bantuan corong. Tambahkan minyak esensial dengan hati-hati. Kocok botol tertutup untuk mencampur semuanya. Simpan di tempat sejuk dan kering. Sebaiknya gunakan serum seminggu sekali untuk menghilangkan rambut berminyak.
 

Rambut kering 

Bahan:

- 1 sdm minyak jarak
- 1 ons minyak alpukat
- 3 ons minyak almond manis
- 8 tetes minyak esensial lavender
- 7 tetes minyak esensial cendana
- Botol 4 oz dengan pipet
- Corong kecil

Cara membuat:

Dengan menggunakan corong kecil, tuangkan minyak jarak, minyak alpukat, dan minyak almond manis. Tambahkan minyak esensial cendana dan lavender ke dalam botol. Tutup botol dan kocok hingga tercampur semuanya. Untuk pemakaian, oleskan 2-4 tetes saja pada rambut yang lembap. Pakai sebagai kondisioner.

(yyy)