BEAUTY

7 Penyebab Bibir Hitam, Salah Satunya karena Alergi Lipstik

Yuni Yuli Yanti
Jumat 21 Januari 2022 / 08:00
Jakarta: Seperti halnya kulit, bibir juga perlu perawatan secara rutin. Karena sama seperti bagian bawah mata, kulit di bibir terlalu tipis bahkan tidak memiliki kelenjar keringat. Selain membuatnya lebih rentan terhadap kekeringan dan pecah-pecah. Tak hanya itu, bibir gelap atau berpigmen juga merupakan salah satu masalah yang mungkin paling sering terjadi. 

Perlu diketahui, warna bibir juga dapat bervariasi tergantung pada kebiasaan gaya hidup dan faktor medis. Jaishree Sharad, seorang Dermatologist bersertifikat menyebutkan beberapa penyebab bibir menghitam, di antaranya:
 

1. Merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga bisa menyebabkan warna bibir jadi hitam. Bahkan, lebih gelap daripada wanita yang tidak merokok. 

 

2. Alergi terhadap lipstik

Lipstik, lig gloss dan beberapa produk bibir lainnya mengandung beberapa bahan kimia yang mungkin membuatmu alergi. Bahan kimia ini mungkin dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada bibir. 

 

3. Alergi terhadap pasta gigi yang mengandung mentol atau cengkeh

Segala sesuatu yang bersentuhan dengan bibir mungkin memiliki efek buruk pada warna kulit bibirmu. Jika kamu tidak kecanduan rokok atau tidak sering menggunakan lipstik, ada kemungkinan kamu alergi terhadap beberapa bahan dalam pasta gigi.


(Merokok jadi salah satu penyebab utama warna bibir menghitam. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Mengerucutkan, menggigit atau menjilati bibir

Ingat, kulit bibir sangat tipis dan rapuh. Menjilati, menggigit atau menekannya dapat memperburuk dan menyebabkan bibir hiperpigmentasi. Selain itu, menjilati bibir juga menjadi penyebab utama bibir kering dan pecah-pecah.

 

5. Hindari produk berbahan wewangian

Untuk menghindari kemungkinan alergi terhadap bahan kimia, sebaiknya kamu juga memilih lip balm bebas pewangi. Apalagi jika kamu sudah memiliki bibir berpigmen atau memang berwarna gelap sebelumnya. 


(Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya pilih lipstik yang tidak mengandung wewangian. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Alergi obat

Bibir yang gelap juga bisa disebabkan oleh reaksi alergi dari suatu obat. Hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter jika bibirmu terlihat lebih berpigmen dari sebelumnya.

 

7. Kondisi seperti lichen planus

Ini adalah kondisi kulit yang dapat menyebabkan pembengkakan, peradangan dan iritasi pada kulit. Jika bibir tampak ungu atau memiliki benjolan kecil, lebih baik berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.
(yyy)