BEAUTY

Apakah Penggunaan Retinol Bisa Mengatasi Bintik Hitam di Kulit Wajah?

Raka Lestari
Kamis 01 April 2021 / 18:10
Jakarta: Retinol memang terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan kulit, yang tentunya sudah didukung juga oleh ilmu pengetahuan. Retinol biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, melawan penuaan, mempercepat regenerasi sel kulit, memperbaiki tekstur, dan meningkatkan produksi kolagen. Namun, apakah retinol juga bisa membantu mengatasi bintik hitam?

Bintik hitam, juga dikenal sebagai hiperpigmentasi sangat umum terjadi dan dapat terjadi karena berbagai alasan. Mulai dari kerusakan akibat sinar matahari hingga bekas jerawat.

"Bintik hitam muncul setelah kondisi peradangan yang merusak sel kulit dan melepaskan pigmen ke tingkat yang lebih dalam dari kulit Anda di luar sel. Retinol meningkatkan pergantian sel dan membuat siklus sel kulit lebih efisien," kata Dr Corey L. Hartman, MD, pendiri Skin Wellness Dermatology.

Retinol juga menghambat produksi tirosinase, yang merupakan enzim yang bertanggung jawab atas perkembangan bintik hitam. Dengan kata lain, retinol bekerja semacam exfoliant yang mengelupas sel kulit mati. Sekaligus mempercepat produksi sel kulit baru, menghasilkan warna kulit yang lebih merata.

Retinol juga merangsang produksi kolagen, yang merupakan cara lain untuk menghilangkan bintik hitam.

“Kolagen membantu meningkatkan pergantian sel kulit, yang membantu mengelupas dan memudarkan bintik-bintik hitam,” kata Dr Stacy Chimento, MD, dokter kulit bersertifikat yang berbasis di Miami, Florida.

“Saat produksi kolagen pada kulit berkembang pesat, kamu akan mendapatkan elastisitas kulit yang lebih baik, kilau, dan keseluruhan corak yang lebih kuat,” kata Chimento.

Semua jenis dan warna kulit dapat menggunakan retinol untuk melawan hiperpigmentasi. Retinol memiliki efek yang sama pada bintik-bintik hitam dan perubahan warna untuk semua jenis kulit.

Satu hal yang perlu diperhatikan, untuk warna kulit yang lebih gelap akan lebih efektif untuk menambahkan lebih banyak bahan pencerah ke dalam perawatan kulitmu bersama dengan retinol. Hartman merekomendasikan asam traneksamat atau sistein untuk mendapatkan hasil tersebut.

Jika kamu mencoba retinol untuk pertama kalinya, jangan langsung menggunakannya setiap hari. Chimento menyarankan untuk menggunakannya satu atau dua kali seminggu di malam hari untuk memulainya.

“Lihat bagaimana kulitmu bereaksi, barulah kamu bisa menggunakannya secara rutin hingga tiga kali seminggu,” tutupnya.
(FIR)