BEAUTY

Benarkah Susu dapat Menyebabkan Jerawat?

Yuni Yuli Yanti
Rabu 15 September 2021 / 09:07
Jakarta: Susu dianggap sebagai salah satu minuman yang paling bermanfaat untuk tubuh. Namun sayangnya, fakta yang tak banyak diketahui susu ternyata tidak sehat untuk kulit. Penelitian menemukan bahwa ada hubungan langsung antara konsumsi susu dan jerawat

Dikutip dari New Woman India, inilah empat alasan mengapa susu dapat menyebabkan timbulnya jeraawat!
 

1. Hormon IGF-1 

Dalam susu sapi terdapat banyak sekali hormon IGF-1 yang juga dikenal sebagai hormon pertumbuhan bagi yang mengonsumsinya. Ini juga merupakan alasan utama masalah jerawat bagi kita. Hormon ini adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan peradangan pada kulit sehingga menyebabkan jerawat.
 

2. Lonjakan insulin

Laktosa (gula yang ditemukan dalam susu) menyebabkan lonjakan insulin pada manusia. Sehingga, hati memproduksi lebih banyak hormon IGF-1, yang pada akhirnya menyebabkan peningkatan masalah jerawat. Produk susu seperti krim dan mentega tidak benar-benar bersifat insulinogenik.


(Kamu yang sedang memiliki jerawat sebaiknya berhenti mengonsumsi atau mengurangi konsumsi susu untuk hasil perawatan medis yang efektif. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3.Pori-pori tersumbat

Susu dan produk susu lainnya tidak membantu kulitmu secara alami menyingkirkan sel-sel kulit mati. Oleh sebab itu, pori-pori jadi tersumbat dan akhirnya kulit menjadi lebih rentan terhadap masalah jerawat dan semacamnya.

Ini adalah salah satu alasan utama mengapa dokter meminta orang yang menghadapi masalah jerawat untuk berhenti mengonsumsi atau mengurangi konsumsi susu untuk hasil perawatan medis yang efektif.
 

4. Kelebihan sebum

Produk susu seperti keju, krim, dan lain sebagainya membuat kulit memproduksi sebum berlebih (sekresi berminyak dari kelenjar sebaceous kulit kita). Hal ini menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit yang akhirnya membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat. Juga, bakteri memakan sebum, yang berartisemakin banyak sebum, semakin banyak bakteri di kulitmu.
(yyy)