BEAUTY

Kesalahan Gaya Rambut yang Membuat Tampilan Menjadi Lebih Tua

Raka Lestari
Jumat 16 Oktober 2020 / 10:12
Jakarta: Banyak orang, terutama wanita sebisa mungkin untuk memiliki tampilan lebih muda. Berbagai cara mereka lakukan, tetapi banyak yang lupa bahwa kesalahan dalam memilih gaya rambut juga bisa membuat tampilan seseorang menjadi lebih tua. Lalu, bagaimana caranya agar tampilan tidak terlihat lebih tua?

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam memilih gaya rambut yang membuat tampilan menjadi lebih tua:


Memilih potongan rambut lurus  


Seiring bertambahnya usia, rambut kita akan bertambah tipis. “Bahkan bagi kita dengan rambut sedang hingga tebal pun akan mengalami penipisan,” menurut Nunzio Saviano, penata rambut selebriti di New York. “Jika kamu berusia 50-an dengan rambut dibelah tengah, itu tidak bagus,” kata Saviano.

Sebaliknya, kamu perlu meningkatkan volume rambut agar tidak terlihat tua. Saviano menyarankan potongan rambut yang berbeda (biasanya lebih pendek) atau perubahan cara kamu membelah rambut.


Melakukan trim pada rambut yang tidak teratur


Kesalahan lain yang membuat kamu menjadi lebih tua adalah membiarkan rambut terlalu panjang dan tidak pernah melakukan trimming pada rambut. “Rambut yang terlalu panjang akan terlihat lebih tipis, dan rambut yang lebih tipis akan terlihat menua,” kata Saviano. “Rambut bob akan terlihat lebih chic,” katanya.
 

Memilih poni yang salah


“Kamu harus mendapatkan poni yang sesuai dengan gaya hidup kamu, beberapa perlu dipangkas setiap dua hingga tiga minggu,” ujar Saviano. “Mereka juga harus sesuai dengan tekstur rambut dan bentuk wajah kamu. Jika salah satu dari tiga hal itu tidak sesuai, maka poni tidak akan cocok pada wajah,” katanya.
 

Warna rambut yang terlalu gelap


Pada usia tertentu, rambut yang terlalu gelap tidak cocok. Jika kamu ingin mengurangi kerutan dan garis-garis halus pada wajah, yang terbaik adalah menggabungkan campuran warna untuk mendapatkan tampilan yang lebih cerah. Menurut Felicia Dosso, colorist di Nunzio Saviano Salon, warna yang lebih lembut akan terlihat alami dan membuat lebih awet muda.
 

Menggunakan kondisioner terlalu banyak


Terlalu banyak menggunakan kondisioner dapat membuat rambut kamu berat ke bawah dan membuat helai rambut terlihat berminyak dan lepek. Penting untuk membaca label dan memilih formula yang tepat untuk jenis rambut kamu. Saviano mengatakan dia umumnya merekomendasikan kondisioner ringan yang memiliki tekstur ringan setelah dibilas.
(YDH)