BEAUTY

8 Tips Make Up untuk Musim Dingin

Yuni Yuli Yanti
Jumat 30 Oktober 2020 / 13:47
Jakarta: Setiap pergantian musim, terjadi perubahan suhu dan temperatur yang sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh termasuk kecantikan kulit. 

Jika, kamu salah satu yang menggunakan produk make up dan teknik make up yang sama sepanjang tahun, sebaiknya segera hentikan. Karena kondisi kulit pada musim dingin dan panas sangat jauh berbeda. Maka, kamu perlu memerhatikan produk mana yang cocok dipakai pada musim tersebut. 

Nah, berikut ini tips menggunakan make up yang cocok diaplikasikan pada musim dingin, seperti: 

1. Gunakan scrub pelembap

Cuaca yang dingin dan relatif kering, sudah pasti membuat kulit kita menjadi lebih kering dari biasanya. Sel kulit mati terus menumpuk, jika tidak dibersihkan secara rutin akan membuat wajah terlihat kusam. Tidak hanya itu, kemungkinan timbulnya jerawat juga tinggi karena sel kulit kekurangan oksigen. Gunakan scrub pelembap secara teratur untuk menghilangkan kulit mati tanpa membuat kulit menjadi kering.

2. Rutin pakai moisturizer

Di musim dingin, jangan seka wajahmu setelah mencuci muka, cukup keringkan menggunakan handuk katun. Kemudian, segera oleskan pelembap pada seluruh wajah sambil dipijat dengan lembut. Selain itu, meski sudah dilapisi pelembap dan make up, bila kamu merasa kulit terasa kering cukup hapus riasan dengan lap basah dan lembapkan kembali wajahmu dengan moisturizer. Jangan biarkan kulit tidak terlindungi. Gunakan sunscreen dan moisturizer sebelum  beraktivitas.

(Segera oleskan pelembap pada seluruh wajah sambil dipijat dengan lembut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Illuminating primer

Primer adalah suatu keharusan ketika kamu memiliki satu hari penuh tanpa waktu untuk merias ulang wajah cantikmu. Primer membantu mengatur fondasi dengan baik. Jika kulit wajah sudah kering, di musim dingin pilihlah primer yang mencerahkan. Ini akan membuat kulit tampak bercahaya secara alami. Perlu diingat, di musim dingin primer hanya boleh digunakan di area T-Zone, yang mudah berminyak. Yaitu kening, hidung dan dagu.

4. Foundation cair 

Tidak seperti hari-hari musim panas yang terik, pilihlah krim alas bedak (foundation) berbasis cairan. Alas bedak cair yang bagus akan meluncur dengan sempurna pada kulit yang digosok dengan baik. Jika, kamu memiliki kulit berminyak, pilih alas bedak mousse, ini akan mencegah wajah terlihat berminyak saat kamu bekerja di siang hari.

5. Hindari bedak padat

Hindari bedak padat. Sebaliknya, pilih bedak tabur dan aplikasikan dengan lembut menggunakan kuas. Jika di tengah hari wajahmu jadi berminyak, cukup tepuk-tepuk wajah menggunakan kertas penyerap minyak.

6. Gunakan highlighter

Cahaya musim panas hilang dan kulit tidak memiliki cahaya alami. Pilih penyorot yang bagus. Jika, kamu bukan ahli dalam hal riasan, hindari highlighter cair. Sebaiknya, kamu memilih high-pigmented dan tidak terlalu powdery highlighter seperti The Balm's misalnya.

(Pulaskan lip gloss sebelum menggunakan moisturizer agar bibir tetap lembap. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

7. Make up mata

Di musim dingin, jaga riasan mata agar terlihat tetap lembut dan halus. Hindari pengunaan eye liner pada garis air bagian bawah mata, kecuali jika kamu ingin tampilan smoky eye. Gunakan eyeshadow metalik berbahan dasar krim untuk menonjolkan V bagian dalam mata. Ini akan menambah kilau yang tampak alami pada penampilanmu tentunya.

8.  Lip gloss

Pada cuaca dingin, bibir cenderung akan lebih kering dan mudah pecah. Apalagi, bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Angin dingi, dan udara yang kering menjadi faktor utama bibir kita akan pecah dan kasar. Oleh karena itu, pulaskan lip gloss sebelum menggunakan moisturizer agar bibir tetap lembap. 

Selamat mencoba!

(yyy)