BEAUTY

4 Langkah Menghilangkan Ketombe yang Membandel

Sandra Odilifia
Jumat 26 Februari 2021 / 13:39
Jakarta: Ketombe adalah masalah kulit kepala yang sangat umum dan dihadapi oleh hampir semua orang. Kondisi ini menyebabkan serpihan-serpihan kulit berwarna putih yang berjatuhan dari kulit kepala.

Dari kulit kepala yang gatal hingga mengelupas, ketombe tentu sangat mengganggu bukan? Untuk mengatasi kondisi ini, berikut empat cara lengkap yang dilansir dari Times of India:
 

1. Rutin menyisir rambut


Menyisir rambut lebih sering akan membantu mengelupas kulit kepala sekaligus menyingkirkan minyak di kulit kepala. Kamu bisa menggunakan sisir model apapun, namun pastikan yang membantu membasmi minyak dan membuka folikel rambut.
 

2. Beli produk terbaik


Saat kamu berurusan dengan ketombe, kamu harus membeli sampo pembersih yang baik untuk mengatasi masalah tersebut. Carilah produk perawatan rambut yang mengandung zinc pyrithione, yang dikenal sebagai bahan penangkal ketombe.

Bahan itu mampu membantu mencegah ketombe dan meminimalkan serpihannya. Dan saat keramas, pastikan kamu membersihkan kulit kepala dengan benar, karena produk apa pun yang menumpuk hanya akan menyebabkan ketombe.
 

3. Eksfoliasi kulit kepala


Langkah ini mungkin terdengar baru namun sangat efektif untuk mengatasi ketombe. Kamu bisa menggunakan eksfoliator rambut, namun jika tak memilikinya, kamu bisa menggunakan sisir dengan bulu yang lebat.

Kamu hanya perlu menyisir kulit kepala untuk menghilangkan serpihannya. Jika kamu memiliki kulit kepala yang sensitif, kamu dapat menggunakan masker rambut yang akan membantu menghilangkan minyak berlebih, penumpukan produk, dan semua kotoran.
 

4. Cuci rambut secara teratur


Untuk menghindari penumpukan produk, kamu harus mencuci rambut secara teratur. Cara ini akan membantu menghindari folikel rambut tersumbat yang menyebabkan ketombe.

Idealnya, kamu harus mencuci rambut 2-3 kali seminggu, dengan sampo pembersih yang tepat dan pijat kulit kepalamu.
(FIR)