BEAUTY

Mengenal Retinoid dan Cara Pakainya pada Wajah

Kumara Anggita
Senin 22 Februari 2021 / 10:00
Jakarta: Retinoid adalah salah satu bahan yang biasa digunakan di produk kecantikan. Bahan ini paling banyak diteliti secara luas sebagai bahan antipenuaan. 

Tetapi sebelum kamu pergi ke toko obat terdekat, penting untuk memahami cara kerja retinoid itu sendiri. Pastikan jenis retinoid yang kamu gunakan adalah retinoid yang cocok dengan kulit kamu. 
 

Cara kerja retinoid


Dikutip dari Healthline, kolagen penting untuk kulit yang kuat dan tampak awet muda. Seiring bertambahnya usia, tubuh kamu mulai memproduksi lebih sedikit kolagen dan elastin.

Tubuh kamu juga mulai memecah kolagen, elastin, dan simpanan lemak kamu. Hal ini dapat menyebabkan kulit tipis dan kendur, garis-garis halus, dan kerutan.
 

Retinoid dan kolagen


Retinoid dibuat dari turunan vitamin A. Ini bekerja dengan menetralkan radikal bebas di kulit yang dapat menyebabkan kerusakan kolagen.

Retinoid juga menjaga simpanan kolagen kamu. Tak hanya itu, retinoid dianggap pula dapat meningkatkan produksi kolagen baru. Ini dapat membantu "mengisi" atau mengurangi munculnya kerutan yang ada dan membantu mencegah terbentuknya kerutan baru.

Agar retinoid berfungsi, kamu harus menggunakannya secara terus menerus. Kamu mungkin juga perlu mengganti produk dari waktu ke waktu.
 

Retinoid mana yang tepat untuk kamu?


Ada banyak jenis retinoid yang biasanya digunakan dalam pengobatan kulit seperti Retinyl palmitate. Ini adalah retinoid OTC yang paling tidak kuat.

Kamu mungkin ingin mempertimbangkan opsi ini jika kamu memiliki kulit sensitif atau sangat kering dan sedikit kerutan. Retinaldehyde, Ini adalah retinoid OTC yang lebih kuat dari retinol.

Retinol adalah bahan standar yang ditemukan dalam produk retinoid OTC. Sedangkan tretinoin adalah retinoid kuat yang tersedia hanya dengan resep dokter.

Tazarotene merupakan retinoid paling kuat, hanya tersedia dengan resep dokter. Sedangkan adapalen, retinoid ini sekarang tersedia tanpa resep.
 

Bagaimana menambahkan retinoid ke rutinitas perawatan kulit?


1. Kamu harus selalu melakukan uji tempel kulit sebelum menambahkan produk baru ke rutinitas kamu
2. Oleskan sedikit produk di sisi lengan bawah kamu
3. Tutupi area tersebut dengan perban dan tunggu selama 24 jam
4. Jika kamu mulai mengalami iritasi atau pembengkakan, kamu tidak boleh menggunakan produk ini. Jika kamu tidak mengalami gejala apa pun dalam 24 jam, seharusnya aman untuk diterapkan di tempat lain
5. Setelah produk lulus uji tempel, mulailah mengaplikasikannya seukuran kacang polong setiap dua malam sekali. Gunakan setelah pembersihan dan penggunaan toner lalu tambahkan pelembap untuk tahapan akhirnya
6. Setelah satu atau dua minggu, kamu dapat mulai mengaplikasikan produk setiap malam

Perlu diingat bahwa, retinoid hanya digunakan pada malam hari karena efeknya yang kuat dan sensitivitas UV.Pastikan kamu memakai tabir surya sepanjang hari untuk mengurangi risiko efek samping.

Konsultasikan pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk menemukan perawatan mana yang paling cocok dan tepat untuk kamu.

(TIN)