BEAUTY

4 Bahan Alami Sembuhkan Jerawat di Hidung dan Dagu

Yuni Yuli Yanti
Kamis 08 April 2021 / 10:07
Jakarta: Jerawat adalah masalah kulit yang paling ditakuti oleh sebagian besar orang. Pasalnya, selain merusak kulit, jerawat pun kerap merusak mood seseorang karena sangat memengaruhi penampilan.  
 
Namun, kamu enggak perlu khawatir akan hal tersebut. Melansir Boldsky, berikut empat bahan alami yang beberapa mudah didapatkan untuk menghilangkan jerawat, khususnya di bagian hidung dan dagu, yaitu:

 

1. Madu


Madu sangat bagus untuk kesehatan kulit. Sebab, bersifat disinfektan terhadap setiap mikroba bersembunyi di kulit dan mempercepat proses penyembuhan. 
 
Cukup dengan satu sendok makan madu dan kulit manis kemudian oleskan ke seluruh permukaan wajah selama lima menit, setelah itu bilas dengan air biasa. Cara ini sangat ampuh dan bagus untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

2. Bawang putih


Selain untuk bumbu pelezat makanan, bawang putih ternyata mampu menghilangkan jerawat. Sebab, kandungan sulphur dalam bawang putih dapat mengeringkan jerawat langsung. 
 
Caranya, hancurkan satu siung bawang putih hingga halus. Kemudian campurkan dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada jerawat dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Es Batu


Es batu termasuk salah satu bahan alami untuk mengobati jerawat. Es dapat merangsang aliran darah, menutup pori-pori, dan menghilangkan akumulasi kotoran dari kulit yang pada ujungnya dapat membersihkan jerawat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

 

4. Pasta gigi


Pasta yang biasanya untuk membersihkan gigi ini mengandung menthol. Jika dioleskan pada jerawat, maka bintik-bintik yang muncul pada dagu dan hidung akan langsung mengering.
 
Cukup oleskan pasta gigi biasa ke jerawat pada malam hari. Biarkan semalaman, lalu bilas pada pagi hari. Maka, bengkak yang timbul dihidung dan dagu akan  berkurang.


(Foto: Ilustrasi. Dok. pixabay.com)
(yyy)