BEAUTY

Sejuta Manfaat Plester Jerawat

Raka Lestari
Rabu 10 Juni 2020 / 21:33

Jakarta: Acne patches atau plester jerawat merupakan salah satu produk yang cukup sering digunakan untuk kulit yang berjerawat. Plester ini dipakai dengan langsung menempelkannya ke jerawat sehingga jerawat akan lebih cepat kering.

Dr Lavanya Krishnan, seorang deokter kulit bersertifikat menjelaskan bahwa penting untuk mengetahui jenis-jenis plester jerawat yang bisa bekerja dengan baik dan yang tidak. Jerawat superfisial, yang biasanya lebih mudah diobati, bisa menggunakan plester jerawat. Sedangkan, untuk jerawat kistik yang lebih dalam, cenderung tidak efektif menggunakan plester jerawat ini. 

“Plester jerawat ini dapat digunakan untuk jenis jerawat superfisial, seperti jerawat bernanah, komedo, dan whiteheads. Tidak mungkin plester jerawat ini menembus ke tingkat yang lebih dalam untuk menyembuhkan jerawat kistik,” tuturnya. 

Plester jerawat terbuat dari hidrokoloid, lapisan yang bisa menyerap kelembapan yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan luka kronsi. Lapisan yang mengandung hidrokoloid ini berguna untuk menyerap cairan yang ada di dalam jerawat sampai kering. 

embed

(Manfaat lainnya dari plester jerawat adalah mereka bisa dijadikan sebagai penutup dan mencegah kamu memencet jerawat. Foto: Dok. Healthline.com)

Menurut dr. Krishnan, plester tersebut menyerap racun yang terjebak di bawah kulit, sambil melindungi jerawat dari bakteri eksternal, sinar matahari, atau keinginan memencet jerawat, plester jerawat juga bisa mempercepat penyembuhan jerawat.

“Manfaat lainnya dari plester jerawat adalah mereka bisa dijadikan sebagai penutup dan mencegah Anda memencet jerawat karena memencet jerawat dapat menyebabkan luka, yang menyebabkan tampilan kulit menjadi lebih buruk,” jelasnya. 

Bahan lain yang biasa terdapat dalam plester jerawat adalah asam salisilat dan benzoil peroksida. Bahan-bahan tersebut sangat penting karena mereka merupakan salah satu produk yang bagus untuk merawat jerawat. 

Jerawat yang lebih dalam, lebih besar, dan menyakitkan yang terperangkap di bawah kulit biasanya membutuhkan suntikan kortisol atau perawatan lain yang tidak bisa disembuhkan hanya dengan plester jerawat.

Para ahli juga menyarankan untuk mengaplikasikan plester jerawat setelah membersihkan dan mengeringkan kulit wajah.   


(yyy)