BEAUTY

4 Bahan Dapur yang Bisa Dipakai untuk Perawatan Kecantikan

Yuni Yuli Yanti
Rabu 02 Desember 2020 / 11:18
Jakarta: Kebanyakan wanita tentu ingin kulitnya awet muda dan selalu terlihat cantik setiap saat. Alih-alih menggunakan make up atau melakukan berbagai perawatan kecantikan yang sangat menguras dompet. Ternyata, kamu bisa menggunakan beberapa bahan dari dapur sebagai ganti skincare yang harganya mahal.  

Melansir New Woman India, berikut adalah beberapa bahan umum dari dapur yang akan membantumu mendapatkan kulit yang tampak sehat bercahaya dan tentunya kamu jadi bisa berhemat! 

Kunyit

Bumbu dapur ini mungkin terdengar asing sebagai bahan untuk perawatan kecantikan. Namun, di India kunyit merupakan produk pencerah kulit legendaris yang digunakan dalam upacara haldi pernikahan India. 

Masyarakat di sana biasanya menjadikan kunyit sebagai masker harian sebelum acara pernikahan. Terdiri dari kunyit, tepung gram, dan jus lemon biasanya masker dioleskan ke wajah untuk menghilangkan bintik-bintik coklat. Lakukan secara teratur selama dua minggu untuk hasil maksimal. Masker ini tidak hanya membantu memudarkan warna coklat, tetapi juga mengurangi munculnya noda.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Telur

Selain menjadi salah satu bahan masakan paling sederhana, telur juga membawa manfaat kesehatan dan kecantikan yang luar biasa. Dikenal dengan kualitas penguat rambutnya, telur juga dapat digunakan untuk menumbuhkan kuku yang kuat. Produk multiguna seperti telur juga dapat digunakan untuk perawatan wajah seperti masker. 

Untuk perawatan rambut, cara membuatnya yakni pecahkan dua telur dan tambahkan dua sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Aduk rata dan aplikasikan ke sepanjang rambut. Setelah dioleskan, ikat rambut menjadi sanggul dan tutupi dengan topi mandi. Biarkan masker menyerap kira-kira selama empat puluh lima menit. Lalu, bilas rambutmu dan beri kondisioner agar rambut halus dan berkilau.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Soda kue 

Tahukah kamu, bahwa soda kue juga bisa merawat kulit dengan berbagai cara. Salah satunya dapat memnghilangkan jerawat dan komedo! Pasta halus yang terbuat dari soda kue dan air mawar dapat dioleskan ke area kulit yang terkena jerawat dan komedo. Menjadikannya pengelupasan alami yang dapat menghilangkan kulit mati serta membersihkan pori-pori, sehingga mengeringkan jerawat yang ada. 

Cara ini memastikan penurunan bertahap pada kondisi yang merusak kulit tersebut, yang selanjutnya dapat mencegah munculnya jerawat. Kamu harus melakukannya tiga kali seminggu selama 10 menit. Namun, ingat melembapkan wajah setelah perawatan sangat diperlukan karena soda kue bisa membuat kulit menjadi kering. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Stroberi

Dengan khasiat yang melimpah yang membantu meningkatkan kesehatan kulit, stroberi adalah hadiah lezat dari alam yang akan sulit untuk dihilangkan. Kamu bisa menemukan berbagai produk kecantikan dari bahan dasar stroberi. Mulai dari, pembersih wajah, pelembap bibir, deodoran, parfum hingga masker. 

Kamu bisa membuat lip balm stroberi dengan cara haluskan stroberi dan campur daging buahnya dengan petroleum jelly. Simpan di lemari es dan gunakan sebagai lip balm setiap hari. Kamu akan melihat bibirmu menjadi lebih cerah. Hal ini disebabkan adanya mineral dan vitamin yang intrinsik pada stroberi.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Selamat mencoba! 


(yyy)