BEAUTY

5 Cara Membuat Cat Kuku Awet dan Tahan Lama

Sandra Odilifia
Senin 22 Februari 2021 / 07:00
Jakarta: Setiap wanita menyukai kuku yang cantik dan berwarna-warni. Dan setiap tahunnya semakin banyak jenis manicure yang populer, mulai dari kuku matte hingga nail art.

Namun meski begitu, sangat menyebalkan jika cat kuku mulai terkelupas dalam satu atau dua hari bukan? Hal ini bisa jadi karena kamu mencuci tangan atau melakukan pekerjaan rumah tangga seperti memasak dan mencuci piring.

Nah, untuk memastikan cat kuku kamu tetap awet dan utuh melansir Times of India, ada beberapa hal yang bisa membantu, di antaranya:
 

1. Selalu gunakan lapisan atas


Ini adalah metode yang tidak boleh terlewatkan saat kamu mengecat kuku. Mengoleskan lapisan atas setelah cat kuku mengering akan membantunya bertahan lebih lama dan membuat kuku kamu berkilau. Kamu harus selalu memiliki warna bening untuk lapisan atas yang dapat ditambahkan ke semua jenis cat kuku.
 

2. Gunakan krim tangan


Krim tangan pada dasarnya bekerja seperti tabir surya. Menggunakan krim tangan dua kali sehari akan membantu menjaga tangan tetap lembap dan memanjakan kuku. Selain itu, memakai krim tangan juga menjaga kutikula kamu tetap lembap sehingga tidak mengering dan mengelupas kulit kamu.
 

3. Cat ujungnya


Saat kamu mengoleskan cat pada kuku, pastikan untuk mengecat ujungnya sampai ke ujung kuku. Ini membantu untuk menutupi ujung dengan baik dengan lapisan cat kuku kamu sehingga tidak terlalu mudah menumbuhkan kuku. Pastikan kamu mengoleskan satu atau dua lapisan di seluruh bantalan kuku termasuk ujungnya.
 

4. Gunakan lapisan dasar


Mengoleskan lapisan dasar sama pentingnya dengan menerapkan lapisan atas. Menggunakan cat dasar sebelum kamu benar-benar menggunakan cat kuku akan membantu cat menempel pada kuku lebih lama. 

Tentunya mengoleskan lapisan dasar akan membantu kuku kamu terlihat cantik dan diwarnai dengan indah untuk waktu yang lama tanpa ada warna yang terkelupas.
 

5. Kenakan sarung tangan karet


Jika kamu adalah seseorang yang harus melakukan pekerjaan rumah setiap hari, pastikan untuk mengenakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku kamu. 

Aliran air yang konstan dan penggunaan sabun dapat menghilangkan cat dari kuku kamu. Mengenakan sarung tangan karet akan memastikan cat kuku tetap utuh untuk waktu yang lama tanpa merusaknya. Selamat mencoba ya!
(TIN)