BEAUTY

6 Pedoman Umum Merawat Kulit secara Rutin

Kumara Anggita
Jumat 04 Desember 2020 / 13:05
Jakarta: Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan terlihat indah, kamu perlu merawatnya secara rutin. Bingung mau mulai dari mana? Ikuti pedoman umum berikut ini dilansir dari Healthline:
 

1. Membagi dan menaklukkan


Kamu tidak bisa merawat seluruh wajahmu sekaligus dalam satu waktu. Sebaliknya, wajahmu memiliki permasalahan masing-masing, seperti berminyak, kering, dan lain-lain. Untuk menyikapinya, kamu harus menangani masing-masing sesuai jenisnya.

Simpan bahan penyerap minyak dan matte-finish untuk area berminyak. Untuk mengurangi sifat berminyak yang berlebihan, kamu sebaiknya menggunakan produk perawatan kulit yang menyerap minyak dan membuat kulit menjadi matt.

Satu-satunya masalah adalah, jenis produk ini dapat mengiritasi area kering mana pun. Jadi pastikan kamu mengaplikasikannya dengan tepat. Oleskan ke area yang dibutuhkan, daripada menggosokkannya ke seluruh wajah kamu.
 

2. Cadangan emolien untuk area kering


Kamu sebaiknya mengoleskan produk pelembap hanya pada area kering saja. Jika produk bersentuhan dengan bercak berminyak, ini bisa membuatnya lebih berminyak.
 

3. Jangan takut untuk memadupadankan


"Nilai kulit kamu setiap hari dan ubah rutinitasmy agar sesuai,” papar Tanya Kormeili, MD, seorang dokter kulit di Santa Monica, California.

“Jjika kamu mengalami hari ketika kulit kamu teriritasi, kurangi perawatan kulit yang mengeringkan dan gunakan lebih banyak pelembap," kata Kormeili.

Kamu juga dapat menggunakan perawatan tertentu sekali seminggu, atau menggantinya dengan serum yang berbeda.
 

4. Pintar memilih waktu


Saat melapisi produk, ide umumnya adalah memulai dengan formula berbasis air yang lebih encer, sebelum kamu beralih ke formula berbasis minyak yang lebih tebal. Namun, area tertentu di wajahmu mungkin tidak terlalu ramah, atau bahkan membutuhkan pendekatan.

Beberapa bahan, seperti asam alfa hidroksi (AHA) dan asam beta hidroksi (BHA), dapat bermanfaat bagi seluruh wajahmu. Dalam kasus tersebut, biasanya tidak masalah untuk melapisi produk yang kaya akan hidrasi di atas area kering. Namun, bagian wajah yang berminyak akan mendapat manfaat dari strategi yang lebih ringan.

Dan untuk kulit sensitif, semakin sedikit kamu mengaplikasikannya, semakin baik. Hindari produk dengan wewangian berlebihan atau penyebab iritasi lainnya. Produk apa pun yang mengandung bahan keras seperti wewangian atau alkohol dapat mengiritasi kulit kering dan berminyak.

Area kering bisa menjadi lebih kering, sementara bagian yang berminyak bisa menghasilkan lebih banyak minyak, dan berpotensi menyebabkan berjerawat.
 

5. Pilihlah produk nonkomedogenik


Carilah produk yang digolongkan sebagai penyebab iritasi. Selanjutnya, kamu perlu memeriksa apakah bahan tersebut cenderung menyumbat pori-pori kamu atau tidak. Untuk menghindari pembengkakan kulit berminyak dan berjerawat, coba gunakan losion dan ramuan nonkomedogenik.
 

6. Tetap terhidrasi


Selain mengaplikasikan produk pelembap ke kulit, penting untuk memastikan kamu minum banyak air setiap hari. Hidrasi dapat membantu mencegah kulit kering dan bersisik serta menghentikan produksi minyak secara berlebihan.
(FIR)