BEAUTY

Selain Konsisten, Inilah 5 Tips Supaya Kulit Tetap Awet Muda

Mia Vale
Senin 09 Mei 2022 / 14:48
Jakarta: Setiap kaum hawa pasti menginginkan kulitnya bersih, sehat, dan terlihat awet muda. The co-founder dan CEO merek kecantikan S'eau Prima Karen Hayes pun mengungkapkan tips terbaiknya untuk menjaga kulit awet muda. Baginya, perawatan kulit bukan hanya tentang terlihat lebih muda. 
 
“Meskipun ada beberapa bahan yang dapat memberi efek langsung namun hasil terbaik datang dari konsistensi. Orang-orang yang saya kenal dengan kulit terbaik memiliki rutinitas dan mematuhinya," jelas Hayes. Ia juga merekomendasikan untuk mencoba asam hipoklorit (HOCI).

Asam hipoklorit diproduksi secara alami oleh tubuh dan digunakan untuk melawan bakteri berbahaya dan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

Ketika digunakan sebagai perawatan kulit topikal, diperkirakan mempercepat penyembuhan kerusakan kulit, mengurangi bengkak, kemerahan, dan peradangan pada kulit, dan membantu mencegah jerawat. 
 

Membersihkan kulit


Pembersihan adalah langkah dalam rutinitas perawatan kulit. "Jadi, jangan lupa untuk membersihkan kulit," imbuh Hayes, seperti dikutip dari laman The Sun. 

Membersihkan kulit tidak hanya penting untuk menghilangkan riasan tapi juga untuk menghilangkan bakteri dan semua kotoran lingkungan yang tidak terlihat selama kamu beraktifitas sepanjang hari. 

Membersihkan wajah memang harus tapi tidak juga berlebihan. “Di pagi hari, dengan asumsi  mencuci muka pada malam sebelumnya. Ini akan membersihkan kulit dari bakteri yang tumbuh dalam semalam dan juga menyeimbangkan kulit sehingga menyerap pelembap dan bahan aktif lainnya (seperti dalam serum) dan SPF lebih baik,” ungkapnya. 


tips awet muda
(Selain melembapkan, moisturizer juga biasanya mengandung berbagai macam vitamin yang diperlukan agar kulit wajah tetap sehat. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)
 

Gunakan moisturizer


Kebutuhan pelembap di wajah tidak akan pernah pudar. Yang berubah, hanya berapa banyak pelembap yang dibutuhkan. 

“Tingkat hidrasi berfluktuasi, sehingga formula yang diutuhkan di bulan Januari mungkin berbeda dari yang dibutuhkan kulit di bulan Juli. Kulit berubah dengan cuaca, dengan usia dan dengan lingkungan,” tegas Hayes.
 

Gunakan SPF 


Selain pelembap, Hayes mengatakan bahwa SPF selalu diperlukan. Ia menambahkan bila kamu belum menggunakan SPF, tidak ada kata terlambat untuk memulai secara teratur memakainya. 

"Risiko kerusakan akibat sinar matahari hanya meningkat, dan itu memiliki konsekuensi kesehatan dan kecantikan," ujarnya. 
 

Tambahkan antioksidan 


Dalam tip pro perawatan kulit lainnya, Hayes mengatakan antioksidan dapat melakukan keajaiban bagi kulit. Semua orang bisa mendapat manfaat dengan menambahkan antioksidan ke dalam rutinitas perawatan kulit mereka, baik dalam pelembap atau serum. 

Antioksidan dapat memerangi kerusakan akibat radikal bebas yang berasal dari matahari, dari layar, bahkan dari debu. Ia menambahkan, untuk antioksidan ini, kamu bisa menggunakan serum vitamin C.
 

Perawatan sederhana 


Banyak orang yang malas melakukan perawatan kukit karena makan waktu lama. Namun Hayes membantahnya. Menurutnya rutinitas perawatan kulit yang sehat cukup tiga menit. 

“Cuci muka, semprotkan mist, aplikasikan serum, pelembap, aplikasikan krim mata dan lip balm, dan akhiri dengan SPF,” paparnya. 

Hayes juga menjelaskan, “Kulit kita adalah organ terbesar dan perlu dijaga. Tubuh kita, termasuk kulit, adalah cerminan dari bagaimana kita memperlakukan mereka dari waktu ke waktu." 

(TIN)