BEAUTY

Kecilkan Pori-pori: 5 Tips Lembut dan Alami untuk Kulit Bersih

Mia Vale
Senin 21 Februari 2022 / 18:46
Jakarta: Di dunia yang sempurna, kamu akan bangun dengan segar dan siap menghadapi hari. Sambil bersiap-siap untuk apa pun yang ada dalam agenda harian. Tidak perlu khawatir untuk meminimalkan munculnya hal-hal seperti lingkaran hitam, kantung mata, atau lebih buruk lagi, pori-pori yang sangat terlihat. 

Menurut ahli, Cybele Fishman, M.D., seorang dokter kulit integratif, ukuran pori bersifat genetik. Itulah mengapa ada orang yang pori-pori di wajahnya kecil, ada pula yang terlihat besar. 

Selain bersifat genetik, tampilan pori-pori juga bisa karena bertambahnya usia. Bisa juga karena faktor lingkungan seperti cuaca dan kelembapan, serta pilihan gaya hidup seperti. 

Ketahuilah, ada cara yang aman dan alami untuk mengecilkan pori-pori. Yang harus diingat, jangan terbawa oleh perawatan yang tak cocok dan yang mahal tak selalu baik untuk kamu.

Hindari mencampur terlalu banyak bahan aktif atau perawatan abrasif yang dapat memperburuk kulit dan menciptakan masalah baru, seperti penghalang kulit yang kurang pas untuk kamu.
 

Cuci muka setiap malam


Mencuci muka saat malam hari bukan hanya bagian dari ritual perawatan diri yang menenangkan. Ini juga membantu menghilangkan kotoran dan riasan wajah. 

Victoria Stiles, penata rias selebriti dan direktur kreatif ShikSona Beauty merekomendasikan gel atau pembersih berbasis air daripada produk yang mengandung alkohol. Ini dikarenakan lebih lembut di kulit dan tidak akan mengupas kulit alami.


spf adalah
(SPF merupakan Sun Protector Factor di mana dirancang untuk menghalangi pengaruh cahaya matahari yang dapat merusak kulit. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com) 
 

Jangan lupa SPF


Salah satu efek samping buruk aktivitas di luar ruangan tanpa pelindung UV yang baik adalah pori-pori jadi lebih besar. Dengan paparan radikal bebas yang cukup berkelanjutan, kulit mungkin kehilangan elastisitas dan kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri. 

Dan salah satu tandanya adalah pori-pori yang lebih besar. Jadi, jangan lewatkan langkah SPF. Baik menggunakannya sebagai produk yang berdiri sendiri atau sebagai pelembap dan alas bedak yang mengandung SPF. Ingat, jangan pernah meninggalkan rumah tanpanya.
 

Jangan memencet pori-pori 


Bakteri dan kotoran dapat dengan leluasa masuk ke dalam pori-pori. Namun, jangan pernah  mengorek pori-pori, bahkan dengan alat profesional. Ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan kulit dan menyebabkan bekas luka lada kulit.
 

Lakukan masking

 
Kamu mungkin terkejut menemukan bahwa menggunakan masker tanah liat dapat melakukan keajaiban untuk segera meminimalkan tampilan pori-pori. 

Suneel Chilukuri, M.D., FAAD, FACMS, dan direktur bedah kosmetik di Refresh Dermatology berbagi bahwa ia selalu memberi tahu pasiennya untuk menggunakan masker tanah liat di rumah dan merekomendasikan masker yang mengandung tanah liat kaolin dan bentonit untuk menyerap minyak berlebih. 

Ini karena tanah liat bekerja untuk mengeluarkan racun dari pori-pori yang dengan lembut membersihkannya. 
 

Jangan berlebihan


Mungkin salah satu tips terbaik untuk meminimalkan munculnya pori-pori adalah dengan tidak berlebihan dengan rutinitas perawatan kulit khusus pori. 

Dokter kulit selebriti Tina Alster, MD, FAAD, dan pencipta dan salah satu pendiri The A Method, mencatat bahwa "menggosok, pengelupasan kulit berlebihan, atau penggunaan alkohol atau toner yang mengandung asam tidak dianjurkan."

Tidak hanya mengiritasi kulit tetapi dapat mendorong produksi minyak, yang "akan meregangkan pori-pori dan menyebabkan tampilannya membesar". 

Jika masih khawatir tentang pori-pori besar atau merasa bahwa perawatan di rumah tidak berhasil, pertimbangkan untuk berbicara dengan dokter kulit berlisensi untuk menentukan apakah perlu dilakukan perawatan dari segi medis.

(TIN)