BEAUTY

5 Manfaat Mengejutkan dari Menyisir Rambut Setiap Hari

Yuni Yuli Yanti
Senin 11 Januari 2021 / 12:49
Jakarta: Dengan kehidupan kita yang serba cepat, sering kali kita lupa merawat rambut. Padahal, rambut yang sehat, tebal dan halus, membutuhkan banyak perawatan. Salah satunya adalah dengan menyisirnya. 

Melansir New Woman India, menyisir rambut sebaiknya dilakukan setiap hari, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan sejumlah manfaat, seperti: 
 

Membersihkan kulit kepala


Menyikat atau menyisir rambut setiap hari berfungsi seperti sampo kering dan membersihkan kulit kepala serta menghilangkan kotoran dari rambut. Ini juga menghilangkan bahan limbah beracun yang dilepaskan melalui rambut. Menyikat rambut dapat membantu kulit kepala tetap sehat dan bebas kotoran.
 

Melembapkan rambut


Rambut memiliki sistem pengkondisian sendiri yang membantu melindungi rambut dari kehilangan minyak alami atau sebum. Menyikat rambut membantu mendistribusikan sebum ke seluruh rambut secara merata. 

Sehingga, rambut menjadi lembap dan membuatnya mudah untuk dirawat. Rambut yang dikondisikan tidak akan mudah patah dan kusut sehingga rambutmu tetap sehat.
 

Mencegah rambut rontok 


Menyikat rambut secara teratur dengan sikat kayu dapat meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke rambut. Ini juga meningkatkan nutrisi dan pertumbuhan rambut untuk membuat rambutmu panjang dan tebal. 

Menyikat juga dapat meningkatkan sekresi minyak atau sebum alami yang membantu kondisi rambut dan membuatnya halus. Selain itu, juga mencegah rambut rontok dan menjaga rambutmu agar tidak berminyak atau kurang gizi.
 

Cara menyisir rambut yang tepat


Pilih alat yang tepat saat menyisir rambut dan sebaiknya gunakan sikat kayu! Menyikat dengan jenis sisir yang salah justru dapat merusaknya. Rambut keriting harus disikat dengan sikat lebar untuk menghindari kusut dan patah.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah postur tubuh saat menyisir rambut. Berdiri tegak dan membungkuk ke depan saat menyikat rambut karena posisi ini dapat meningkatkan aliran darah dari kulit kepala ke ujung. 

Sikat dengan lembut di bagian mahkota, samping, dan di dekat tengkuk. Balik rambut dan sisir sisi lainnya. 

Jika rambutmu tersangkut di sisir, caranya lepaskan bagian yang tersangkut dengan jari secara perlahan. Jangan pernah menyisir rambut saat masih basah dan jangan menyisir rambut secara berlebihan karena dapat membuat kepala sakit serta menyebabkan ujung rambut bercabang.
(TIN)