BEAUTY

Ini Cara Mengatasi Kerontokan Rambut

Raka Lestari
Kamis 12 November 2020 / 17:52
Jakarta: Rambut rontok merupakan masalah yang pasti pernah dialami oleh sebagian besar orang. Pada wanita, biasanya memotong rambut menjadi solusi agar kerontokan bisa diminimalisir.

Tujuannya agar rambut yang rontok bisa berkurang. Akan tetapi, apakah hal tersebut benar adanya?

“Menggunting rambut bisa membantu mengurangi kerontokan dengan menghilangkan rambut bercabang yang kering dan mudah patah, serta merangsang pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat,” ujar dr. Shella Pratiwi, Dipl. AAAM, Aesthetic Specialist & Beauty Enthusiast.

“Jika rambut rusak dan dibiarkan terlalu panjang, bisa memperparah kerusakan rambut. Selain itu, rambut juga harus dirawat dengan sampo sesuai dengan permasalahan kerontokan,” jelas dr. Shella.

Untuk mengatasi rambut rontok, selain memotong rambut, kamu juga bisa menggunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner, menurut dr. Shella, berperan penting untuk menjaga kehalusan rambut, melindungi rambut, serta mencegah rambut dari kekusutan.

“Untuk seseorang dengan tipe rambut berminyak sangat disarankan menghindari pemakaian kondisioner di kulit kepada dan menggunakan kondisioner mulai dari batang rambut sampai ke ujung rambut,” saran dr. Shella.

Saat keramas, sebaiknya diperhatikan agar tidak menyebabkan rambut rontok. Keramas disarankan dilakukan secara rutin, agar rambut senantiasa bersih. Selain itu, keramas disarankan menggunakan air yang bersuhu normal. Tidak terlalu panas maupun dingin.

Asupan makanan juga perlu diperhatikan dalam mengatasi rambut rontok. Kamu bisa mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung kolagen. Kolagen banyak terdapat di makanan yang biasa dikosumsi sehari-hari.

“Contohnya ikan dan kerang, kaldu tulang, putih telur, serta kacang. Selain itu, jangan lupa juga untuk keramas dengan sampo yang berbahan dasar kolagen, agar rambut mendapatkan perawatan maksimal dari dalam dan luar,” tutup dr. Shella.
(FIR)