BEAUTY

5 Cara Mudah Mengurangi Kilauan di Wajah

Sandra Odilifia
Jumat 13 November 2020 / 13:50
Jakarta: Biasanya, hal yang berkilau akan terlihat mewah dan mengagumkan, namun tampaknya hal itu tak bisa disamakan dengan kilauan yang terjadi pada wajah. Sebab, itu memberi kesan wajahmu sangat berminyak dan kusam.

Tetapi mulai sekarang kamu tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara mudah untuk mengurangi kilauan pada wajah, seperti dikutip dari morethanglam:
 

1. Produk bebas minyak


Jika kamu memiliki kulit kombinasi atau berminyak, sebaiknya gunakan produk perawatan wajah seperti pelembap, blush on dan alas bedak yang tidak mengandung minyak.

Selain itu, pakailah toner dan pembersih wajah yang telah diresapi dengan asam glikolat atau salisilat. Lalu, untuk masker, pilihlah perawatan yang terbuat dari bentonit atau tanah liat kaolin.
 

2. Menggunakan blotting papers


Solusi selanjutnya adalah memakai blotting papers. Gunakan dengan menekan (bukan menggosok) kertas noda pada area yang mengkilap. Cara ini ampuh untuk menghilangkan kilau tanpa mengganggu riasan kamu lho!
 

3. Menggunakan primer


Primer, terutama yang mattifying, adalah produk terbaik yang harus diadopsi oleh wanita dengan wajah berkilau. Cara ini dikenal untuk mengecilkan pori-pori kulit serta mengontrol produksi minyak, sehingga membuat wajah kamu tetap matte sepanjang hari.
 

4. Menggunakan Jumlah Serbuk Minimal


Bagi banyak orang, bedak adalah jawaban atas semua masalah wajah mereka yang berkilau. Tapi tahukah kamu bahwa semakin banyak bedak yang kamu gunakan, semakin banyak minyak yang dikeluarkan tubuh dari pori-pori kamu? Ini karena bedak hanya bekerja dalam waktu terbatas. Setelah itu, bedak akan merangsang alih-alih menghambat masalah.
 

5. Menggunakan alkohol atau cuka sari apel


Kamu bisa menggunakan bola kapas yang dibasahi alkohol atau cuka sari apel untuk menghilangkan kilau ekstra dari wajah. Keduanya membantu menyerap minyak berlebih, sekaligus membersihkan kulit, tentunya membuat wajahmu bebas kilap dan segar.
 

6. Eksfoliasi Secara Teratur


Meskipun ekfoliasi tidak benar-benar mengurangi kilau di wajah, ini dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati. Dengan begitu, produk yang kamu pakai untuk mengurangi kilap akan bekerja lebih efektif.

Selain enam hal tersebut, kamu juga harus makan makanan sehat dan minum cukup air untuk melembabkan dan membersihkan kulit. Serta tak lupa untuk berolahraga secara rutin ya!
(FIR)