BEAUTY

6 Tips Manikur dari Ahli Perawatan Kuku

Yuni Yuli Yanti
Jumat 24 September 2021 / 11:00
Jakarta: Merawat kuku dan membuatnya terlihat cantik adalah hobi sekaligus seni. Namun, menggunakan cat kuku bisa jadi rumit dan berantakan bila kamu kurang tepat dalam cara pemakaiannya. Begitu pun dengan membersihkan kuku dan merawatnya, kamu perlu beberapa teknik agar kuku tidak mudah rusak dan tetap sehat tentunya. 

Melansir New Woman India, ada enam tips manikur dari beberapa ahli perawatan kuku, di antaranya:
 

1. Bersihkan kuku dengan aseton

Sebelum menggunakan cat kuku, sebaiknya bersihkan dulu kuku menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan aseton. Meskipun, kamu akan menggunakan warna cat kuku yang sama, sebaiknya kuteks jangan ditiban ya. Karena sisa cat kuku yang masih menempel akan membuat kuteks yang baru jadi berantakan dan menyumbat kuku tentunya.

Selain itu, membersihkan kuku dengan aseton juga untuk membersihkan lapisan minyak dan kotoran yang membandel pada kuku. 
 

2. Jangan lupa mengikir

Meskipun tergolong membosankan, kamu tidak boleh lupa untuk mengikir kuku ya. Pastikan kamu selalu menyimpan alat kikir di tas, karena kamu tidak tahu kapan kamu bisa terkena bintil kuku dan akhirnya merusak pakaian atau kutikula. Gesek ke kanan dan ke kiri di tepinya untuk meninggalkan ujung yang halus setelah kamu memotongnya. 


(Meskipun tergolong membosankan, kamu tidak boleh lupa untuk mengikir kuku ya. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Jangan pernah memotong kutikula 

Kutikula adalah satu-satunya alasan yang melindungi kuku dari bakteri dan infeksi yang dapat kamu alami setiap hari. Cobalah mengoleskan minyak kutikula atau membuat scrub buatan sendiri untuk kuku.

Minyak ini berguna untuk mengelupas kulit mati dan meningkatkan pertumbuhan kuku. Celupkan ke dalam air hangat dan gosok kutikula dengan lembut untuk menghilangkan minyak dan kotoran berlebih.
 

4. Gunakan base coat

Warna cat kuku apa pun yang dipilih, pastikan kamu selalu oleskan base coat pada kuku yang baru dibersihkan. Ini bertindak sebagai dasar untuk cat kuku lain yang lebih kuat agar tidak menempel langsung ke kuku. 


(Berikan sentuhan akhir pada proses manikur dengan mengoleskan clear coat.  Foto: Ilustrasi. Dok. Pexels.com)
 

5. Gandakan

Saat mengoleskan cat kuku yang kamu butuhkan hanyalah tangan yang stabil. Mulailah dari tepi lalu bagian atas kuku dan buat satu gesekan halus ke bawah. Jangan terlalu banyak dioleskan karena akan membuat kuteks jadi menggumpal. 
 

6. Akhiri dengan clear coat

Berikan sentuhan akhir pada proses manikur dengan mengoleskan clear coat. Cairan ini membantu mengamankan cat kuku agar tidak berantakan di bagian tepinya. Namun, pastikan cat kuku sebelumnya sudah kering, setelah itu barulah kamu bisa mengoleskan clear coat di bagian atasnya. Jika cat kuku cenderung mudah terkelupas, aplikasikan lagi clear coat di keesokan harinya untuk mencegahnya mengelupas.

(yyy)