BEAUTY

5 Makanan yang Bisa Menyebabkan Kulit Berminyak

Raka Lestari
Selasa 14 September 2021 / 18:41
Jakarta: Apa yang kamu makan, tidak hanya berpengaruh pada kesehatan ataupun berat badan. Yang kamu makan juga bisa berdampak pada kulit, rambut, serta kuku.

Ketika kamu mengonsumsi makanan sehat, maka itu bisa terlihat salah satunya dari kulitmu. Begitupun sebaliknya, beberapa makanan bisa memicu kondisi kulit seperti kulit berminyak.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa membuat kulitmu menjadi lebih berminyak:
 

1. Garam


Garam merupakan salah satu kandungan dalam makanan yang bisa berpengaruh besar pada kondisi kulit. Mengonsumsi garam secara berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi, retensi air, pembengkakan, dan kantung mata.

"Ini juga dapat menyebabkan peningkatan kadar minyak saat kulit mencoba melawan dehidrasi yang disebabkan oleh garam," kata Patricia Boland, seorang dokter kulit dan Wakil Presiden Penelitian dan Pengembangan di Colorescience UK.
 

2. Daging merah


Daging merah juga dapat berkontribusi minyak berlebih pada kulitmu. Daging merah, seperti sosis, daging sapi, domba, dan bacon, mengandung lemak jenuh yang tinggi, yang dapat meningkatkan peradangan pada kulit.

"Peradangan berlebih ini dapat menyebabkan produksi minyak berlebih," terang Boland.
 

3. Gula


"Penelitian telah menunjukkan makanan tinggi gula meningkatkan produksi IGF-1, hormon peptida yang merangsang pertumbuhan, tetapi juga dapat menyebabkan produksi sebum yang berlebihan, alias minyak berlebih," kata Jenna Hope adalah konsultan nutrisi terdaftar dan pendiri Jenna Hope Nutrition Consultancy.
 

4. Karbohidrat olahan


Menurut Hope, makanan yang tinggi akan karbohidrat olahan seperti roti tawar, pastan, dan nasi putih juga bisa meningkatkan produksi IGF-1. Itulah mengapa, spaghetti dan bakso bisa menjadi penyebab utama dalam memicu munculnya minyak pada kulit.
 

5. Gorengan


Gorengan menjadi salah satu camilan yang populer dan enak. Namun, kandungan lemak jenuh dan lemak trans pada gorengan berpotensi menyebabkan peradangan. Dan jika ada peradangan, kulitmu mungkin berlomba untuk memperbaikinya dengan produksi minyak yang berlebihan.
(FIR)