BEAUTY

Amankah Dipijat selama Pandemi?

Kumara Anggita
Selasa 10 November 2020 / 16:23
Jakarta: Hidup selama pandemi covid-19 bisa dibilang cukup berat. Jadi wajar bila kita membutuhkan hal yang bikin rileks seperti memijat. Namun apakah pijat bisa dilakukan pada masa-masa ini?

Dikutip dari Huffpost, para ahli mengatakan bahwa boleh atau tidak itu semua tergantung situasi. Jika kamu berisiko tinggi atau sering berhubungan dengan seseorang yang berisiko tinggi, yang terbaik adalah meminimalkan kontak dekat dengan orang lain sebaik mungkin.

Sementara, bila kamu merasa aman-aman saja, maka pastikan kamu menerapkan 3M yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker.

“Setiap kali ada dua orang yang berkumpul, selalu ada risiko seseorang akan terinfeksi, bahkan jika kamu berdua tidak memiliki gejala apa pun,” kata Carl Fichtenbaum, ahli epidemiologi di divisi penyakit menular Universitas Cincinnati College of Medicine.

Untuk itu, kita juga harus memikirkan dan mempertimbangkan sebelum pijat:
 

Risiko dua arah


Risikonya saat memijat itu ada dua arah, yaitu kamu berpotensi terpapar virus, dan berpotensi menyebarkannya ke orang yang memijatmu. Namun, Fichtenbaum mengatakan orang tidak perlu sepenuhnya mengesampingkan kegiatan ini, ketika kedua belah pihak melakukan tindakan pencegahan keamanan yang tepat.

"Orang membutuhkan cara untuk menghilangkan stres mereka sekarang, dan saya tidak ingin menyalahkan orang karena melakukan itu," katanya.
 

Yang perlu lebih diperhatikan


Perlu diingat bahwa kamu harus ektstra hati-hati juga walaupun sudah menerapkan 3M.  Fichtenbaum mengingatkanmu untuk selalu menggunakan masker saat dipijat, pilih lokasi pijat yang meminimalisir paparan ke banyak orang, jangan memijat ketika sakit, dan terakhir  pertimbangkan untuk menghindari minyak esensial.

Kenapa minyak esensial dibawa di sini ya? Menurut Fichtenbaum, minyak ini baunya begitu nyaman membuat kita jadi menarik napas dalam-dalam. Jadi intinya, pastikan kamu melakukannya dengan amat hati-hati.

Pemerintah melalui #satgascovid19 tak bosan-bosannya mengampanyekan #ingatpesanibu. Jangan lupa selalu menerapkan 3M, yakni #pakaimasker, #jagajarak dan #jagajarakhindarikerumunan, serta #cucitangandan #cucitanganpakaisabun.
(FIR)