BEAUTY

Tak Perlu ke Salon, Ini 7 Tips Potong Poni Ala Korea

Cindy
Selasa 28 Desember 2021 / 19:43
Jakarta: Sering nonton drama Korea (k-drama) atau Kpop yang menampilkan perempuan Korea yang cantik dan manis? Kok jadi terinspirasi untuk potong poni sendiri, yah?

Anda bisa mengikuti gaya poni ala Korea dan enggak perlu repot-repot pergi ke salon, lho. Hanya dengan gunting dan sisir biasa, mudah saja untuk memotong poni yang panjang menjadi ala Korea. 

Berikut 7 tips potong poni sendiri ala perempuan Korea, dikutip dari tresemme:

1. Pakai gunting yang tajam dan bersih

Sediakan gunting khusus yang tajam. Pakai gunting yang benar-benar baru untuk memotong poni rambut. Memakai gunting yang biasa dipakai memotong kertas atau benda lain, membuat mata gunting jadi tumbul. Akibatnya, hasil potongan dengan gunting tumpul bisa bikin rambut terlihat jelek dan tak beraturan, lho.

2. Potong poni dalam keadaan kering

Potong poni ala Korea. Freepik.jpg
Potong poni dalam keadaan kering. Freepik.

Jangan potong poni dengan keadaan basah, ya. Membasahi rambut dengan air memang mempermudah pemotongan rambut. Namun, rambut yang basah akan memendek saat kering. Anda bisa salah memotong poni yang tadi dikira sudah pas ternyata tidak. Alih-alih seperti artis Korea, poni Anda malah mirip Chibi Maruko Chan. 

Baca: Enggak Cuma Menyuburkan, Ini Manfaat Lidah Buaya untuk Rambut yang Perlu Diketahui

3. Bagi rambut untuk poni secukupnya

Temukan bagian rambut yang mengarah ke depan, ini akan menjadi titik awal poni Anda. Bagi rambut yang akan dijadikan poni secukupnya, usahakan jangan terlalu tebal. 

4. Sisir kulit kepala di bagian poni membentuk segitiga

Pakai sisir bergigi jarang untuk memisahkan poni dengan sisa rambut lain. Tarik rambut yang akan dijadikan poni lalu bentuk segitiga. 

5. Ikat bagian rambut lain

Ikat rambut sebelum memotong poni. Freepik.jpg
Ikat rambut sebelum memotong poni. Freepik.

Sisa rambut lain yang tidak akan dipotong sebaiknya diikat ke belakang dengan ikat rambut. Hal ini penting dilakukan agar proses pemotongan poni tidak terganggu. Tentukan panjang poni yang akan dipotong. Lalu, gunakan jari untuk memisahkan rambut yang akan Anda potong dengan sisa poni. 

6. Potong dengan teknik point cutting

Balik jari tangan yang menggenggam poni ke arah atas. Lalu potong dengan posisi gunting membentuk sudut vertikal. Jangan memotong lurus horizontal karena hasilnya akan kurang rapi. Potong sedikit demi sedikit untuk memastikan kamu melakukan dengan benar.

7. Ratakan dan bentuk sesuai keinginan

Cek di depan cermin, sudahkah hasil potongan poni sesuai keinginan? Jika masih ada helaian rambut yang kurang beraturan, rapikan dulu dengan gunting. Mudah bukan?

Baca: Tips Make Up agar Mata Tampak Lebih Besar
(CIN)