BEAUTY

Benarkah Cuci Muka saat Mandi Bikin Jerawatan?

Kumara Anggita
Sabtu 03 April 2021 / 09:00
Jakarta: Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang banyak dihindari banyak orang. Dan banyak yang meyakini bahwa cuci muka saat sedang mandi sering dibilang sebagai salah satu penyebabnya.

Melansir Healthline, beberapa orang berpikir bahwa bakteri di kamar mandi yang menjadi faktor penyebabnya. Mereka percaya mencuci wajah di kamar mandi membuat kulit kamu terpapar semua hal buruk yang ada di udara di kamar mandi.

Namun ternyata, hal itu adalah mitos. Orang bisa jerawatan kemungkinan karena suhu air atau suhu kamar mandi.

“Risiko yang diduga adalah air panas membuat kulit dehidrasi, panas dari air panas dan uap bisa melebar dan meletus pembuluh darah sensitif di kulit, dan bakteri di kamar mandi bisa meningkatkan risiko infeksi. Tetapi tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini, "kata Ivy Lee, seorang dokter kulit bersertifikat di California.



(Menurut Lee, tidak ada benarnya klaim bahwa mencuci wajah di kamar mandi dapat menyebabkan jerawat, meski berpotensi memicu bakteri rosacea. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


“Tidak ada bukti bahwa mencuci wajah di kamar mandi memperburuk jerawat, tetapi ada kemungkinan mandi dapat memperburuk rosacea jika Anda menghabiskan waktu lama di sana,” katanya. 

Ia menambahkan bahwa panas dan kelembapan dapat melebarkan pembuluh darah kulit.

Abigail James, facialist yang tinggal di London setuju bahwa mencuci muka di kamar mandi tidak menyebabkan atau memperburuk jerawat.

“Penyebab jerawat sangat kompleks: hormon, stres, perawatan kulit yang salah, pola makan yang buruk, pengupasan kulit yang berlebihan, iritasi pada riasan, dan kombinasi dari hal-hal di atas (dapat menjadi faktor penyebab),” kata James.

Jadi lebih perhatikan air dan suhumu bila ingin menghindari atau mengurangi jerawat ya.
(yyy)