BEAUTY

5 Bahan Alami untuk Atasi Kerusakan Kulit dan Rambut Akibat Sinar Matahari

Sandra Odilifia
Senin 03 Mei 2021 / 13:00
Jakarta: Sudah tak diragukan lagi bahwa sinar matahari bertanggung jawab atas penuaan dini pada wanita dan pria dengan semua jenis kulit. Bahkan, pada eksposur tingkat rendah sekalipun, sinar UVA mampu memecah kolagen dan menyebabkan keriput.

Sinar matahari juga dapat merusak kulit mulai dari munculnya ruam, penyamakan kulit, hingga kerusakan parah seperti kanker kulit. Tak hanya itu, sinar matahari juga dapat merusak rambut, karenanya kulit dan rambutmu membutuhkan perlindungan dari sinar matahari.

Ada beberapa bahan alami untuk kulit dan rambut yang dapat kamu coba untuk membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh panasnya sinar matahari. Melansir Times of India, berikut selengkapnya:

 

1. Mentimun


Pertama, rendam jus mentimun atau kapas dalam air mawar di lemari es untuk memberikan efek mendinginkan pada wajah. Setelah dingin, oleskan pada wajah secara rutin.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 


2. Lidah buaya


Lidah buaya adalah bahan multitasking dan serbaguna yang wajib untuk musim panas. Entah kamu mengalami ruam akibat terbakar sinar matahari, luka sayat, gigitan serangga, atau iritasi kulit lainnya, lidah buaya dapat menenangkan dan mendinginkan kulit serta mengurangi rasa gatal.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 


3. Cuka sari apel


Campur 1-2 sendok makan cuka sari apel dengan tiga gelas air. Tuangkan ke rambutmu sebagai bilasan terakhir setelah keramas. Ini akan membuat rambutmu terasa lembut.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menggunakan jus dari 1/2 lemon, dua sendok makan cuka sari apel, dan satu cangkir air. Keramas dan bilas rambut seperti biasa, lalu tuangkan campuran tersebut ke rambutmu dan pijat ke kulit kepala. Jangan lupa, bilas dengan air dingin ya!


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Daun margosa


Jika kulit kepala berminyak, taburi dengan bedak halus yang terbuat dari daun margosa (neem) yang dikeringkan dan dihancurkan untuk menghilangkan rasa tidak nyaman akibat gatal.

Daun ini memiliki khasiat penyembuhan dan antimikroba yang kuat. Bahan ini akan membantu menyerap kelebihan sebum, mengurangi rasa gatal dan mencegah infeksi.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)



5. Minyak pohon teh


Jika ketombe sudah kering, pijatkan beberapa tetes minyak pohon teh ke kulit kepala setelah keramas. Minyak pohon teh memiliki khasiat antijamur yang kuat, sehingga ini akan membantu melindungi serta melembapkan kulit kepala dan mencegah rasa gatal.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)