BEAUTY

5 Bahan Alami untuk Mengatasi Sunburn

Yuni Yuli Yanti
Selasa 21 September 2021 / 08:00
Jakarta: Beberapa minggu terakhir cuaca semakin tidak menentu. Kadang suasana mendung hingga hujan sejak terbit matahari. Namun, esok harinya bisa jadi cuaca panas sekali hingga menyebabkan kulit mengalami sunburn atau terbakar matahari. 

Selain menggunakan lebih banyak tabir surya, ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati dan menenangkan kulit yang mengalami sunburn. Mengutip dari New Woman India, berikut kelima bahan yang bisa kamu gunakan, di antaranya:
 

1. Mandi susu

Ini adalah cara klasik, mandi susu disebut sebagai cara terbaik untuk meredakan sengatan matahari. Berendam dalam susu akan membantu menyehatkan dan melembapkan kulitmu. Jika kamu tidak memiliki bak mandi besar, cukup rendam handuk dalam susu dan kompres pada bagian yang sakit untuk meredakannya. Ini bertindak sebagai pendingin dan membantu mengurangi rasa sakit serta sensitivitas di sekitar area tersebut.
 

2. Yogurt 

Yogurt adalah cara yang baik untuk membuat kulitmu tetap tenang karena mengandung bakteri baik yang membantu menyembuhkan kulit. Gunakan sebagai krim antibakteri untuk menghidrasi dan memberikan kesejukan pada area yang terkena. Ini juga akan mencegah infeksi bernanah pada kulit yang merah karena sunburn.


(Mandi susu disebut sebagai cara terbaik untuk meredakan sengatan matahari. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Kantong teh

Cukup unik tapi ini terbukti sangat efektif dengan mengoleskan kantong teh bekas ke area yang terbakar sinar matahari. Sifat penyembuhan dalam daun teh membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Rendam handuk dalam air teh lalu kompres pada bagian tubuh yang mengalami sunburn untuk meredakannya.  


(Sifat penyembuhan dalam daun teh membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Foto: Ilustrasi. Dok. Unsplash.com)

 

4. Pasta mentimun

Mentimun adalah cara yang baik untuk menurunkan panas tubuh dan sensasi terbakar. Mentimun bersifat anti-inflamasi dan karenanya digunakan di bawah mata bengkak untuk meningkatkan aliran darah dan menghilangkan lingkaran hitam. Buatlah pasta mentimun dan oleskan pada aera yang terbakar oleh sinar matahari untuk menenangkannya.
 

5. Madu

Madu membantu melembapkan dan bekerja sebagai krim antibiotik pada luka bakar dan daerah yang meradang karena sunburn. Ini dapat meningkatkan penyembuhan dan mengurangi infeksi karena sifat penyembuhan alami dan juga disebut sebagai salep organik.


Kelima bahan ini dapat kamu gunakan jika sunburn yang dialami masih dalam level ringan. Namun, jika kulit jadi sangat merah, terkelupas bahkan mengeluarkan cairan sebaiknya kamu segera periksakan ke dokter ya.
(yyy)