BEAUTY

4 Jenis Ketombe dan Cara Mengatasinya

Kumara Anggita
Kamis 22 Oktober 2020 / 17:58
Jakarta: Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang menganggu. Jika si ketombe ini sudah muncul, kepercayaan diri bisa langsung hilang.

Namun untungnya, masalah ketombe ini masih bisa ditanggulangi. Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut:

O iya, dikutip Self, perawatan masalah ketombe itu sulit atau mudahnya tergantung pada apa penyebabnya. Jadi penting untuk mengetahuinya terlebih dahulu.
 

1. Ketombe biasa


Jika kamu memiliki ketombe biasa atau dermatitis seboroik ringan, kamu harus mulai dengan sampo anti ketombe yang dijual bebas. Ini mengandung bahan antijamur seperti ketoconazole, selenium sulfide, atau pyrithione zinc yang dapat membantu mengelola jamur penyebab ketombe.

2. Ketombe karena kulit kepala kering


Jika serpihan kulit kepala kamu disebabkan oleh kulit kepala yang kering, kamu sebaiknya melembapkan kulit kepala kamu. Dalam artian, kamu perlu beralih ke sampo yang lembut, bebas pewangi dan sulfat, dan mungkin sesekali menggunakan kondisioner atau masker rambut yang sangat melembapkan.

3. Ketombe karena kontak reaksi dermatitis


Jika ketombe muncul karena ini, pastikan untuk menggunakan sampo dan kondisioner lembut yang akan menjaga kelembapan kulit kepalamu tanpa memperburuknya saat proses penyembuhan. Jika kulit kepala kamu terasa sangat sensitif, mungkin juga perlu mengurangi frekuensi keramas untuk sementara waktu.

4. Jika kepala sangat gatal dan mengeluarkan cairan


Jika ketombemu semakin parah, sangat gatal, atau menyebabkan keluarnya cairan atau pendarahan saat kamu menggaruknya, itu pertanda hal itu mungkin disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti eksim, psoriasis, atau kasus dermatitis seboroik yang parah.

Jika kamu sudah pakai sampo anti ketombe di pasaran, namun tak berhasil, penting untuk berbicara dengan dokter kulit untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Mereka mungkin merekomendasikan penggunaan perawatan seperti sampo berbahan dasar tar, produk yang mengandung asam salisilat, terapi cahaya, atau obat resep.
(FIR)