BEAUTY

Lakukan 6 Kebiasaan Ini agar Kulitmu tak Keriput

Raka Lestari
Jumat 17 Desember 2021 / 19:27
Jakarta: Keriput pada kulit, terutama pada wajah merupakan salah satu momok bagi para wanita. Sebisa mungkin para wanita melakukan berbagai macam cara mulai dari suntik botoks, face lift, dan berbagai macam metode lainnya agar sebisa mungkin keriput pada kulit dan wajah bisa terhindari.

Selain cara-cara di atas, ada kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar kulit wajah tidak mudah keriput. Dikutip dari Women's Health, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar kulit tidak mudah keriput:
 

1. Menggunakan serum antioksidan


Oleskan antioksidan topikal harian (setelah menggunakan tabir surya) yang mengandung vitamin C atau E atau asam ferulat. Dengan menambahkan serum antioksidan tersebut pada wajah, dapat menangkal kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi pada kulit terutama pada wajah.
 

2. Selalu menggunakan tabir surya


Selalu gunakan tabir surya yang mengandung SPF minimal 30 setiap hari, meskipun kamu sedang tidak sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Sebab penggunaan tabir surya merupakan langkah paling penting untuk menjaga kulit dari kerutan dan keriput.
 

3. Gunakan pelembap


Gunakan pelembap setidaknya satu atau dua kali sehari dengan krim yang menyejukkan, idealnya yang memiliki kandungan emolien seperti dimethicone. Penggunaan pelembap secara rutin ini dapat mengembalikan kekuatan pada kulit, mencegah iritasi, dan menghidrasi kulit dengan baik.
 

4. Cuci muka setiap malam


Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang memiliki busa lembut. Sangat penting untuk melakukan ini pada malam hari untuk menghilangkan inflamasi yang disebabkan sisa make up, kotoran, bakteri, minyak, dan radikal bebas.
 

5. Jangan takut menggunakan retinoid


Gunakan krim yang mengandung retinoid dalam jumlah sedikit pada wajah setiap malam hari, setelah wajah selesai dibersihkan. Penggunaan krim retinoid ini dapat membuka pori-pori dan membantu mengurangi kerutan, flek, dan jerawat.
 

6. Lakukan exfoliate pada kulit tetapi jangan terlalu sering


Lakukan eksfoliasi dengan lembut satu atau dua kali seminggu. Mereka yang memiliki kulit sensitif atau kombinasi bisa melakukan eksfoliasi dengan menggunakan scrub atau lap basah, sehingga kamu dapat melakukan penyesuaian seberapa keras atau seberapa lembut menggosok kulit.
(FIR)