BEAUTY

3 Manfaat Kelopak Bunga Mawar untuk Perawatan Kulit

Yuni Yuli Yanti
Selasa 11 Januari 2022 / 08:00
Jakarta: Sudah bukan hal baru kalau air mawar sering dijadikan bahan utama dalam beberapa produk perawatan kecantikan. Namun, bukan cuma airnya saja. Kelopak bunga mawar juga terbukti efektif dalam merawat kulit. Efek menenangkan dari kelopak mawar dapat memberikan keajaiban bagi wajahmu lho. Salah satunya bisa bikin glowing

Mengutip dari HealthShots, sebuah penelitian berjudul Efek Farmakologi Rosa Damascena di PubMed Central mencatat bahwa mawar memiliki sifat antimikroba serta antioksidan.

Studi tersebut menyatakan fungsi obat Rosaceae sebagian dikaitkan dengan kelimpahan senyawa fenolik. Fenolik memiliki berbagai aktivitas farmakologis, seperti antioksidan, penangkal radikal bebas, antikanker, antiinflamasi, antimutagenik, dan antidepresan.


(Kelopak mawar dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Berikut tiga cara menggunakan kelopak mawar untuk perawatan kulitmu!
 

1. Toning mist 

Dr Chatterjee menyarankan untuk membuat toning mist menggunakan kelopak mawar segar. Mawar memiliki kualitas menenangkan yang dapat membantumu menjaga keseimbangan pH kulit.

Kamu hanya perlu menghancurkan beberapa kelopak mawar segar. Lalu, tambahkan air mawar untuk memudahkan prosesnya. Saring cairan dan tuang dalam botol semprot.  Semprotkan air kelopak mawar untuk mendetoksifikasi kulit, membuka sumbatan dan mengencangkan pori-pori wajah. 

 

2. Pelembap bibir dan salep kulit

Obat kelopak mawar ini cocok dipakai saat musim dingin. Pasalnya, di musim dingin kulit rentan kering dan butuh kelembapan serta hidrasi ekstra. 

Cara membuatnya lumuri kelopak mawar yang baru dipetik dengan susu murni. Tambahkan satu sendok teh madu dan krim segar. Campuran ini dapat digunakan sebagai salep untuk menenangkan kulit kering dan bibir pecah-pecah. 

 

3. Minyak wajah

Untuk meningkatkan perawatan kulit, minyak wajah bisa menjadi tambahan yang bagus. Cobalah minyak bunga mawar yang disetujui ahli ini untuk menghidrasi kulit yang kering. 

Tambahkan kelopak mawar yang dihancurkan ke dalam botol. Tuang empat sendok makan minyak almond ke dalamnya. Simpan dalam botol di bawah sinar matahari selama 11 hari. Gunakan sebagai minyak mandi dan minyak tubuh. 
(yyy)