BEAUTY

Ladies, Ini 5 Kebiasaan yang Bikin Rambut jadi Kering

Yuni Yuli Yanti
Selasa 25 Januari 2022 / 08:00
Jakarta: Selain mata, rambut adalah salah satu anggota tubuh yang paling menarik perhatian seseorang. Oleh sebab itu, banyak yang melakukan berbagai perawatan rambut untuk mendapatkan tampilan rambut yang sehat, indah dan berkilau. 

Namun sayangnya, meski sudah melakukan berbagai perawatan, ada beberapa orang yang masih mengalami rambut kering. Perlu diketahui, menurut ahli kecantikan ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang terkadang tanpa sadar bisa memicu masalah rambut kering, seperti berikut ini!

 

Keramas setiap hari

Keramas setiap hari merupakan penyebab utama masalah rambut kering. Rambut dengan mudah kehilangan kelembapan karena luruhnya minyak alami rambut akibat dicuci terus-menerus. Oleh sebab itu, pastikan untuk membatasi jumlah keramas hanya tiga kali seminggu. Jika, kamu mudah berkeringat atau menggunakan banyak produk penata rambut, cuci rambut setiap dua hari sekali.

 

Keramas dengan air hangat

Meski mandi dan keramas dengan air hangat dapat membuat rileks, rupanya hal ini menjadi salah satu penyebab rambut kering. Suhu air yang terlalu hangat dapat menghilangkan minyak alami yang melapisi helaian rambut, menjadikannya kering dan rentan patah. 


(Penggunaan alat styling panas, seperti catokan yang terlalu sering juga bisa menjadi penyebab rambut kering dan pecah-pecah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Menyisir dalam keadaan basah 

Setelah keramas, hindari langsung menyisir rambut karena kondisi rambut lebih rapuh dalam keadaan basah. Selain itu, menyisir rambut yang basah juga dapat meluruhkan kelembapan alami rambut. Kamu dapat menunggu rambut hingga setengah kering, lalu gunakan vitamin untuk rambut kering untuk menutrisi rambut. Setelah itu, gunakan jari atau sisir bergigi jarang untuk menyisir rambut.


(Gunakanlah serum rambut untuk menutrisi dan melembapkan rambut sampai ke dalam. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Sering menggunakan alat styling 

Penggunaan alat styling panas, seperti hairdryer, catokan, dan curling iron, yang terlalu sering juga bisa menjadi penyebab rambut kering dan pecah-pecah karena kelembapan rambut terkikis. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengurangi frekuensi pemakaian alat-alat styling ini. Untuk mengeringkan rambut, kamu bisa mengeringkannya dengan kipas angin. 
 

Kurang menutrisi rambut

Untuk mengatasi rambut kering, kamu perlu membiasakan diri untuk menggunakan serum yang dirancang khusus dapat menutrisi dan mengatasi kondisi rambut kering. Gunakanlah serum rambut untuk menutrisi dan melembapkan rambut sampai ke dalam.
(yyy)