BEAUTY

4 Cara Melindungi Kulit dari Polusi

Yuni Yuli Yanti
Minggu 10 Oktober 2021 / 15:00
Jakarta: Polusi dan kabut asap adalah dua hal yang pasti tidak bisa dihindari! Ditambah lagi, sinar matahari yang menyengat membuat kondisi menjadi lebih buruk. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari kerusakan? Tetap berada di dalam ruangan tentu bukan pilihan ya! 

Yang perlu kamu lakukan hanyalah memasukkan beberapa perubahan dalam rutinitas perawatan sehingga kamu dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat polusi, di antaranya:

 

1. Tabir surya

Saat ini, mungkin kamu telah menyadari betapa pentingnya memasukkan krim pelindung matahari atau tabir surya ke dalam rutinitas perawatan kulit. Pasalnya, sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit bahkan pada hari yang mendung. Ditambah lagi dengan polusi dan kabut asap yang ada di lingkungan sekitar yang sering menyebabkan penggelapan kulit hingga penuaan dini pada kulit. 

Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan tabir surya dua puluh menit sebelum mulai beraktivitas dan terkena paparan sinar matahari. Rutin menggunakan tabir surya dapat melindungi kulit dari kerusakan untuk jangka panjang. 


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

2. Pembersih wajah

Sangat penting untuk menggunakan pembersih yang baik untuk kulit. Ada berbagai jenis pembersih yang tersedia di pasaran yang perlu dipilih adalah yang masuk jauh ke dalam dan membersihkan pori-pori yang tersumbat karena kotoran dan polusi. Ini akan membuat kulitmu bernapas dengan bebas. Di saat yang sama juga dapat mengurangi kemungkinan berjerawat.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Serum

Serum adalah sumber kaya nutrisi yang penting untuk kulit. Sangat penting untuk memasukkan serum ke dalam rutinitas perawatan kulitmu sehari-hari. Gunakan serum yang dapat menghidrasi secara maksimal. Serum juga dapat menembus lebih dalam karena sifatnya yang lebih mudah diserap dan memiliki hasil yang lebih baik yang tidak dapat dilakukan oleh pelembap.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Eksfoliasi

Pori-pori pasti akan tersumbat jika kamu cenderung menghabiskan banyak waktu di luar ruangan. Pori-pori yang tersumbat akan membuat kulit jadi terlihat kusam, dehidrasi dan menumpuknya kulit mati di wajah. Gunakan scrub lembut setidaknya dua kali setiap minggu. Menggunakan sikat wajah setiap hari juga merupakan cara yang bagus untuk mengelupas kulit.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

(yyy)