BEAUTY

5 Cara Alami untuk Mengatasi Rambut Kering atau Rusak

Kumara Anggita
Rabu 09 Juni 2021 / 14:19
Jakarta: Apakah kamu merasa bahwa setiap hari rambutmu tampak jelek? Mungkin ini karena rambutmu lagi kering dan dalam keadaan rusak.

Perlu diingat, menatanya dengan alat panas lebih memperburuk keadaan daripada membantu memperbaiki masalah utamanya. Lebih baik kamu lakukan beberapa cara alami berikut yang dikutip dari WebMD;
 

1. Pakai pelembap dengan brand yang bagus


Banyak produk mengatakan mampu melembabkan. Pada kenyataannya, produk tersebut mungkin hanya melapisi rambut kamu agar terasa lebih lembut.

Carilah produk dengan minyak alami seperti minyak zaitun atau argan, atau gliserin, sorbitol, atau shea butter. Tapi jauhi sampo dengan minyak mineral dan petrolatum, yang mencegah masuknya kelembapan dari luar.
 

2. Waspadai cuaca


Apapun jenis rambut yang kamu punya, cuaca membuatnya stres. Udara dingin dan terik matahari bisa mengeringkan, begitu juga air asin dan klorin.

Saat rambutmu terbuka, pertimbangkan untuk menggunakan sampo dan kondisioner yang dirancang untuk rambut kering. Kamu juga harus mengenakan topi saat kondisi luar sedang buruk.
 

3. Rapikan rambut


Pangkas ujung rambut mu setiap 6 hingga 8 minggu, terutama jika kamu menggunakan alat panas secara teratur. Penata rambut memperingatkan agar tidak memotong untaian di rumah, karena gunting yang tumpul dapat membuat ujung rambut semakin rusak.
 

4. Pakai minyak


Jika rambutmu sangat kering, cobalah jojoba atau minyak kelapa. Gosokkan beberapa tetes ke rambut basah dan biarkan selama beberapa menit. Cuci perawatan minyak dengan sampo dan kondisioner pelembap. Untuk dampak yang lebih besar, kurangi penggunaan catokan, hair dryer, dan curler.
 

5. Hindari bahan kimia


Apakah gaya rambutmu menggunakan perm, relaxer, atau warna rambut permanen? Bahan kimia menghilangkan kelembapan alami rambut dan melemahkan helaiannya. Jika kamu memiliki terlalu banyak perawatan kimia, rambut kamu mungkin menjadi kusam dan keriting. Kurangi bahan kimia ini.
(FIR)