BEAUTY

5 Tips Mudah Mengatasi Kulit yang Berjerawat

Raka Lestari
Jumat 04 Juni 2021 / 13:45
Jakarta: Jerawat yang muncul pada kulit, terutama kulit wajah merupakan hal yang paling menyebalkan. Ada banyak tips-tips yang mengatakan bisa mengatasi jerawat, namun belum tentu semua informasi tersebut benar adanya.

Sebab bukan tidak mungkin, tips-tips yang belum tentu kebenarannya tersebut justru dapat menyebabkan jerawat menjadi lebih parah.

"Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan kompres hangat di pagi hari pada jerawat untuk mengurangi peradangan," saran Julie Russak, MD, dokter kulit dan pendiri Klinik Dermatologi Russak di New York.

Berikut ini adalah beberapa tips lainnya untuk mengatasi jerawat kamu dengan cepat:
 

1. Jangan memencetnya


Ketika kamu mengalami jerawat, jangan sampai kamu memencet, menusuk, atau mencabut jerawat kamu tersebut. Meskipun ini terlihat sangat menggoda.

"Namun jika kamu mulai memencet jerawat maka itu hanya akan berisiko menyebarkan infeksi dan membuat lebih banyak peradangan dan kemerahan," kata Rhonda Klein, MD, dari Modern Dermatology.
 

2. Cobalah mengganti sabun pembersih muka


Pilihlah pembersih yang dapat mengontrol dan menghalau jerawat sekaligus menenangkan iritasi yang disebabkan oleh jerawat kamu itu. Untuk membantu mengendalikan jerawat, disarankan gunakan asam salisilat dan glikolat

"Asam salisilat membersihkan pori-pori, meregenerasi kulit mati, dan menghilangkan minyak berlebih. Asam glikolat tidak mencapai lapisan kulit yang dalam seperti salisilat, yang dapat mencerahkan kulit," kata Dr Julie.
 

3. Gunakan es batu


Baik Dr Julie dan Dr Klein menyarankan agar mengaplikasikan es batu pada bagian yang berjerawat selama 10 menit untuk mengurangi pembengkakan dan kemerahan. Dr. Julie juga menyarankan untuk melakukan metode ini untuk mengatasi rasa nyeri dan kemerahan sebelum kamu memakai make up untuk menghadiri acara tertentu.
 

4. Aplikasikan kompres hangat


Menggunakan kompres hangat dapat bermanfaat untuk membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan semua kotoran ke permukaan. Kompres hangat sangat bagus untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi di daerah itu.

"Ini membantu membuka pori-pori, membuatnya lebih mudah untuk menyingkirkan kelebihan minyak dan polutan yang menyebabkan jerawat," ucap Dr. Julie.
 

5. Menggunakan obat tetes mata


Brimonidine, bahan yang mengurangi kemerahan di matamu, dapat memiliki efek yang sama pada jerawat. Brimonidine menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi kemerahan.

Jika kamu tidak memiliki tetes mata, krim hidrokortison (dengan setidaknya satu persen hidrokortison) juga akan membantu. Hanya saja jangan menggunakannya lebih dari sekali atau dua kali, karena justru akan menimbulkan efek sebaliknya," pungkas Dr. Julie.
(FIR)