BEAUTY

7 Manfaat Buah Bit untuk Kecantikan

Yuni Yuli Yanti
Rabu 12 Januari 2022 / 08:00
Jakarta: Buah bit adalah salah satu sumber antioksidan terbaik. Seperti diketahui, bagi kulit antioksidan bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan, mengurangi jerawat dan juga mengontrol pigmentasi yang tidak diinginkan. Tapi yang lebih penting antioksidan, memainkan peran utama dalam mencegah berbagai penyakit.

Mengutip dari HealthShots, berikut tujuh manfaat bit yang diyakini baik untuk merawat kulit dan rambut, seperti:
 

1.  Bersifat anti-penuaan

Bit kaya akan kandungan antioksidan tinggi yang dikenal sebagai asam alfa-lipoat, yang membantu menetralkan aksi radikal bebas dan menunda penuaan sel. 
 

2. Kulit lebih halus

Bit juga kaya akan zat besi dan karotenoid. Dua kandungan ini sangat baik untuk mengobati kulit kering.  
 

3.Mencerahkan kulit

Jus bit bukan hanya minuman yang enak untuk diminum, tetapi juga berfungsi sebagai agen detoksifikasi yang dapat memurnikan darah. Detoksifikasi lengkap pasti akan memberi cahaya yang baik pada kulit. 


(Rutin mengonsumsi bit dapat membuat kulitmu jadi lebih cerah. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

4. Mengobati lingkaran hitam dan mata bengkak

Kandungan zat besi dalam buah bit dapat menghidupkan kembali sel-sel yang rusak dari dalam. Selain itu, bit merupakan sumber antioksidan yang luar biasa, yang memiliki efek revitalisasi kulit. Sifat-sifat bit ini dapat memudarkan lingkaran hitam dan menghilangkan kantung mata. 
 

5. Mengobati jerawat

Bit mengandung pigmen yang disebut betalains, yang dikatakan memiliki sifat anti-inflamasi. Ini berarti bahwa bit mampu meredakan gatal dan peradangan di sekitar jerawat. Mereka dikenal untuk mengendalikan sekresi minyak untuk mencegah berjerawat. 


(Sifat-sifat bit ini dapat memudarkan lingkaran hitam dan menghilangkan kantung mata. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

6. Mencerahkan bibir

Sifat pewarnaannya telah menjadikan bit sebagai bahan yang paling dicari dalam industri kosmetik. Mereka tidak hanya kaya akan antioksidan tetapi membantu mewarnai bibir dengan rona merah muda yang cantik! Vitamin C dalam bit juga membantu mengurangi pembentukan melanin yang baik untuk bibir gelap dan berpigmen. 
 

7. Mengatasi kerusakan rambut

Bit dapat membalikkan beberapa kerusakan rambut yang biasanya terjadi di musim dingin. ). Karena kadar zat besi, elektrolit, dan potasiumnya yang tinggi, bit dapat memperbaiki rambut yang tidak rata dan rentan patah (rapuh).
(yyy)