BEAUTY

5 Bahan Alami Terbaik untuk Rambut Indahmu

Kumara Anggita
Rabu 24 Februari 2021 / 18:02
Jakarta: Perawatan adalah kunci untuk membuat rambut sehat, kuat dan indah. Tidak perlu ke salon atau pakai produk mahal, kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah untuk merawat rambut.  
 

Madu

Madu sangat bagus untuk melembapkan rambut. Tak hanya itu, bahan ini juga bisa mengatasi masalah ketombe. 

“Madu yang menempel pada area rambut yang rusak dapat melembapkannya tanpa terasa lengket,” kata Francesca Fusco, seorang dokter kulit dan asisten profesor klinis dermatologi di Wexler Dermatology di New York City.

European Journal of Medical Research menyebutkan menggunakan madu setiap dua hari dapat membersihkan kulit kepala yang mengelupas, gatal, dan kondisi kulit kepala yang lebih serius (seperti dermatitis seboroik kronis) dalam dua minggu. 

 

Minyak kelapa

Minyak kelapa bisa membuat rambutmu lebih berkilau dengan menguatkan rambut dari luar dan dalam.

“Penelitian telah menunjukkan minyak kelapa dapat mengurangi kehilangan protein yang berasal dari menyisir dan mengeringkan rambut,” kata Fusco.

 

Rosemary

Fusco merekomendasikan minyak rosemary untuk pasien dengan kerontokan rambut.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa rosemary dapat meningkatkan pertumbuhan rambut serta minoksidil, tanpa efek samping seperti gatal,” ungkapnya.

Cukup tuangkan satu atau dua tetes minyak rosemary ke dalam botol sampo dan kondisioner yang sedang dipakai.


(Minyak alpukat adalah sumber vitamin B dan E yang baik, dan bisa menjadi kondisioner yang bagus untuk rambut. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


Minyak alpukat

Selain bagus untuk wajah, enak untuk roti panggang, minyak alpukat juga memiliki efek luar biasa untuk rambut. 

"Minyak alpukat adalah sumber vitamin B dan E yang baik, dan bisa menjadi kondisioner yang bagus untuk rambut, melembutkan dan memberikan kilau yang luar biasa," kata ahli kimia kosmetik Jim Hammer. 

Jika kamu memiliki rambut kering atau rusak, ini akan membantu mengembalikan kekuatan, kelembapan, dan kilau. Menurut Hammer, kelebihan lainnya adalah ini menyebar dengan cepat untuk melapisi rambut tanpa membebani.

 

Minyak zaitun

Minyak zaitun tidak hanya memiliki banyak kegunaan di dapur, tetapi juga memiliki banyak kegunaan untuk rambut. 

"Minyak zaitun sangat mirip dengan minyak alami pada rambut dan kulit kepala, yang membantu mengisi kembali minyak yang hilang pada rambut kering yang rusak," kata Hammer.

Kamu dapat menggunakannya sebagai perawatan pra-sampo dengan menyemprotkan sedikit minyak ke rambut sambil memijatnya  mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Ini juga bagus sebagai kondisioner.

(yyy)