BEAUTY

8 Jenis Jerawat yang Perlu Kamu Ketahui

Sunnaholomi Halakrispen
Selasa 06 Oktober 2020 / 09:38
Jakarta: Tahukah kamu, jerawat tidak hanya diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahannya. Tetapi, ada berbagai jenis jerawat seperti acne vulgaris ringan atau acne rosacea parah.

Melansir Very Well Health, berikut delapan jenis jerawat yang perlu kamu ketahui, diantaranya: 

Jerawat Vulgaris

Acne vulgaris termasuk jerawat biasa-biasa saja. Jika kamu berjerawat, kemungkinan besar kamu memiliki jerawat vulgaris, yang bisa muncul di wajah, punggung, bahu, dan bokong. 

Kondisi ini bisa dimulai dari yang ringan, tetapi bisa berkembang dengan cepat ke bentuk yang lebih parah. Itulah mengapa ahli kulit merekomendasikan untuk mengobati jerawat vulgaris segera setelah kamu melihat munculnya jerawat.

Jerawat Komedonal

Jerawat komedonal adalah bagian dari acne vulgaris. Alih-alih mengalami jerawat yang meradang, kamu akan mengalami benjolan, komedo, dan milia. Jenis jerawat ini bisa terjadi di mana saja di wajah atau tubuh, dan bisa sangat ringan hingga cukup parah.

Jerawat Kistik

Ini adalah bentuk acne vulgaris yang paling parah, bisa terjadi di mana saja di wajah atau tubuh. Dengan jerawat kistik, kamu akan mengalami banyak peradangan, dan noda besar yang menyakitkan (atau kista).

Kista jerawat muncul lebih dalam di kulit daripada jerawat biasa. Membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk sembuh, dan dapat menyebabkan banyak kerusakan pada kulit. Karena terlalu dalam, perawatan jerawat topikal tidak terlalu efektif. Sebagai gantinya, obat oral seperti accutane (isotretinoin) adalah pilihan terbaik untuk kondisi seperti ini.

Jerawat Nodular

Jerawat nodular adalah jenis jerawat vulgaris yang parah. Kondisinya, terdapat noda besar, keras, dan dalam yang disebut dengan nodul.

Banyak wanita mengalami jerawat beberapa kali sebelum siklus bulanan mereka. Tapi, siapapun bisa terkena jerawat nodular, baik pria maupun wanita di segala usia. 

Sama seperti jerawat kistik, jerawat nodular harus diperiksa oleh dokter kulit. Jika jerawat muncul secara teratur, kamu memerlukan obat jerawat resep untuk mengendalikannya.


(Alih-alih mengalami jerawat yang meradang, kamu akan mengalami benjolan, komedo, dan milia pada jerawat jenis komedonal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Jerawat Rosacea

Jerawat rosacea adalah jenis jerawat yang menyerang orang dewasa, biasanya setelah usia 30 tahun. Ini lebih sering terjadi pada wanita, tetapi pria cenderung mendapatkan bentuk yang lebih parah. Jerawat rosacea hanya terjadi di wajah.

Dengan rosacea, kamu mungkin mengalami benjolan dan jerawat, tetapi kamu juga akan melihat tanda-tanda lain. Seperti, wajah kemerahan, serta pembuluh darah kecil di hidung dan pipi. Stres, paparan sinar matahari, makan makanan pedas, atau minum cairan panas, juga dapat memperburuk gejalamu.

Mereka yang menderita rosacea ringan mungkin tidak tahu bahwa mereka mengidapnya. Tapi bisa berkembang menjadi bentuk yang lebih parah, menyebabkan hidung bengkak, meradang, hingga masalah mata. Jadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter kulit.

Mekanika Jerawat

Acne mechanica adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh panas berlebih, tekanan, atau gesekan pada kulit. Jenis jerawat ini paling umum terjadi di tubuh, tetapi bisa juga muncul di wajah.

Kadang-kadang disebut jerawat olahraga karena sering terjadi pada atlet muda, berkat helm, bantalan atletik, dan pita keringat. Apapun yang memerangkap panas dan bergesekan dengan kulit dapat memicu terjadinya acne mechanica.

Mekanika jerawat ringan dapat diobati dengan produk OTC, sedangkan bentuk yang lebih parah harus diperiksa oleh dokter kulit. Jenis jerawat ini juga bisa sembuh sendiri, setelah pemicu yang mengganggu disingkirkan.

Jerawat Cosmetica

Cosmetica sangat mirip dengan kosmetik, jadi kamu mungkin bisa menebak apa yang memicu bentuk jerawat ini. Produk seperti riasan, krim, dan pelembab, dan bahkan produk perawatan rambut tertentu menyebabkan jenis wajah berjerawat ini.

Acne cosmetica adalah jenis jerawat komedonal. Ini dirawat dengan produk jerawat khasmu. Kamu juga harus berhenti menggunakan produk kosmetik atau rambut yang mengganggu untuk benar-benar melihat perbaikan pada kulit.

Excoriated Acne

Setiap orang, pada titik tertentu, memilih jerawat. Orang dengan ekskoriasi jerawat secara kronis dan berlebihan mengorek jerawat atau bahkan kulit yang sehat, hingga menyebabkan luka.

Apakah ini terdengar seperti yang kamu alami? Jangan malu, tetapi segeralah bicarakan dengan dokter kulit. Ia dapat membantumu sehingga kamu tidak merasa terdorong untuk mengorek kulit dalam menghilangkan jerawat lagi.

(yyy)