BEAUTY

Tanda Penyakit hingga Stres, Ini 5 Penyebab Uban Muncul di Usia Muda

Medcom
Jumat 24 Juni 2022 / 07:00
Jakarta: Rambut putih atau beruban adalah salah satu ciri dari penuaan. Biasanya muncul ketika seseorang sudah memasuki usia 40 tahunan. Namun, kini uban kerap muncul lebih awal yakni di usia 20an atau bahkan ada yang di usia belasan. 

Gaya hidup dituding menjadi salah satu penyebab seseorang beruban lebih cepat. Faktanya, bukan cuma itu ada sejumlah penyebab lain mengapa uban muncul sebelum waktunya, seperti:
 

1. Genetik

Jika, kamu sudah memiliki uban lebih cepat, kemungkinan orang tua atau kakek nenekmu juga memiliki rambut yang mulai memutih sejak usia dini. Faktor genetik merupakan penyebab uban muncul di usia muda dan biasanya diwariskan turun temurun. Rambut beruban karena faktor genetik ini sebenarnya cukup umum dan dialami oleh banyak orang. 
 

2. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga bisa menyebabkan rambut putih prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri. Pada kasus alopecia dan vitiligo, sistem imun dapat menyerang rambut dan menyebabkan hilangnya pigmen, sehingga warna rambut berubah putih. 


(Stres karena tekanan pekerjaan sering kali dianggap menjadi penyebab munculnya uban di usia muda. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Stres

Setiap orang menghadapi stres dari waktu ke waktu. Dampak dari stres yang paling umum mulai dari masalah tidur, kegelisahan, perubahan nafsu makan, dan tekanan darah tinggi. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh New York University di Amerika Serikat dan dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, ditemukan bahwa sel yang bertugas untuk pewarnaan rambut dapat berkurang ketika kamu sedang stres.
 

4. Gangguan tiroid

Perubahan hormonal bisa disebabkan oleh masalah tiroid, seperti hipertiroidisme atau hipotiroidisme. Kondisi ini mungkin juga bertanggung jawab terhadap rambut putih prematur. 

Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher. Ini membantu mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Kesehatan tiroidmu juga dapat memengaruhi warna rambut. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.


(Kekurangan vitamin B12 dapat melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Kekurangan vitamin B12

Rambut putih pada usia dini juga bisa menunjukkan tubuh kekurangan vitamin B12. Vitamin ini berperan penting dalam tubuh karena memberi kamu energi, plus berkontribusi pada pertumbuhan rambut dan warna rambut yang sehat.

Kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan kondisi yang disebut anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh tidak dapat menyerap cukup vitamin. Tubuh membutuhkan vitamin B12 untuk sel darah merah yang sehat, yang membawa oksigen ke sel-sel di tubuh, termasuk sel rambut. Kekurangan vitamin ini dapat melemahkan sel-sel rambut dan memengaruhi produksi melanin.
(yyy)