BEAUTY

Apakah Kentang Bermanfaat untuk Kesehatan Kulit?

Raka Lestari
Sabtu 13 Februari 2021 / 18:04
Jakarta: Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi. Namun, tak hanya manfaat kesehatan yang ada di dalam kentang, banyak orang yang menggunakan kentang untuk manfaat kecantikan.

Beberapa orang menganggap bahwa dengan menggosokkan kentang langsung ke wajah bisa bermanfaat bagi kulit dan mengurangi jerawat. Apakah hal tersebut benar adanya?

Menurut ahli kulit yang berbasis di Boston, Gretchen Frieling, kentang mungkin memiliki kemampuan untuk menargetkan sitokin, yang merupakan molekul yang telah terbukti memperburuk jerawat.

"Studi tambahan telah mengarahkan para peneliti untuk menemukan bahwa glycoalkaloids kentang dan senyawa kimia lainnya memiliki potensi untuk mengurangi sitokin dan peradangan," jelas Freiling.

Meskipun demikian, bukan berarti kamu bisa langsung menggosokkan atau menempelkan kentang pada wajahmu selama semalaman. Jika kamu ingin menggunakan kentang untuk perawatan kecantikan, kamu harus mengikuti beberapa aturannya.

Frieling menyarankan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air. Cara ini sangat penting karena mencuci kentang setelah kamu mengupas kulitnya, akan menghilangkan khasiatnya yang bermanfaat.

Setelah mencuci dan mengupas kentang, Frieling meminta untuk memotong kentang menjadi irisan bulat, tebalnya sekitar setengah inci. Kemudian, usapkan irisan kentang tersebut pada wajah (setelah kamu bersihkan wajah seperti biasa).

Dia merekomendasikan untuk membiarkan cairan terdapat pada kentang selama 10 menit, dan kemudian mencucinya. Namun, jika kamu merasa perih atau gatal, segera cuci bersih.

Hal tersebut belum tentu memiliki efek yang sama pada setiap orang. Penggunaan kentang untuk perawatan wajah akan memberikan hasil yang berbeda. 

"Sebenarnya, belum ada bukti ilmiah mengenai efektivitas penggunaan kentang untuk wajah tersebut," ujar Dokter kulit klinis Dr Muneeb Shah.

"Bukan berarti menggunakan kentang itu tidak efektif, tetapi masih ada banyak hal yang masih perlu dipelajari mengenai manfaat kentang pada wajah. Dan sebaiknya orang-orang tidak melakukan hal yang belum bisa dipastikan kebenarannya dan bisa mempelajari lebih lagi mengenai penggunaan kentang di wajah tersebut," ujar Dr Shah.

Ia menyarankan agar orang-orang tidak mudah cepat percaya terhadap informasi yang beredar, terutama informasi yang didapatkan dari media sosial. Itu karena informasi-informasi tersebut terkadang masih perlu dilakukan penelitian lebih mendalam lagi. Apalagi jika informasi tersebut berkaitan dengan kesehatan atau kulit.
(FIR)