BEAUTY

3 Cara Mudah Atasi Kulit Kering di Musim Hujan

Sandra Odilifia
Selasa 01 Desember 2020 / 19:01
Jakarta: Musim hujan yang cenderung dingin dapat membuat kulit menjadi lebih kering. Jika dibiarkan berlarut-larut, hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan kulit kamu lho!

Nah, agar terhindar dari kulit kering, kamu bisa mengaplikasikan lotion khusus. Tetapi, itu bukanlah satu-satunya cara untuk melembapkan kulit. 

Melansir Aurora Health Care, berikut tiga cara untuk meningkatkan kelembapan kulit secara alami:

1. Mempercepat durasi mandi

Mandi adalah aktivitas yang dapat memengaruhi kelembapan kulit. Banyak orang senang mandi dengan air hangat dengan durasi yang cukup lama setelah seharian berada di luar yang bercuaca dingin. Padahal, kebiasaan tersebut bisa membahayakan lapisan kulit alami. 

2. Melembapkan kulit dengan tepat

Lembapkan kulit kamu setelah mandi atau berendam. Pastikan kamu mengeringkan tubuh dengan menepuk, bukan menggosoknya menggunakan handuk. 

Kemudian, oleskan pelembap saat kulit masih baru saja kering agar penyerapan maksimal. Lakukan hal serupa saat mencuci tangan di siang hari. 


(Oleskan pelembap saat kulit masih baru saja kering agar penyerapan maksimal. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 
Untuk cuaca dingin, pilihlah pelembap dengan kandungan minyak lebih tinggi dari air. Mungkin kamu bisa mempertimbangkan minyak zaitun, minyak jojoba, shea butter, lanolin, minyak mineral, dan petroleum jelly. Namun, pastikan kamu tetap nyaman untuk beraktivitas ya! 

3. Membuat rutinitas

Cara lain adalah dengan menggunakan alat pelembap di ruangan agar kulit tak kering, terutama pada bagian wajah dan hidung. 

Sementara itu, asupan air dan makanan sebenarnya tidak terlalu berpengaruh untuk melembapkan kulit. Meski demikian, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan dan asam lemak untuk membantu melindungi sel kulit. 
(yyy)