BEAUTY

Ini Manfaat Minyak Kelapa untuk Kulit Indahmu

Kumara Anggita
Senin 26 Oktober 2020 / 09:51
Jakarta: Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Alasannya, karena minyak kelapa memberikan banyak manfaat yang diperlukan oleh kulit, diantaranya: 

1. Mencegah kulit kehilangan air

Dikutip dari Healthline, meskipun menjaga kebersihan sangat penting, sering mencuci tangan, menggunakan produk abrasif, atau mandi terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan pada bagian stratum korneum epidermis kulit. Stratum corneum adalah lapisan kulit paling atas yang berfungsi mencegah kehilangan air dan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan, jika lapisan ini terus-menerus rusak, kulit dapat meradang, dan rentan terhadap infeksi. Bahkan, pada beberapa orang dapat meningkatkan risiko pengembangan peradangan kulit kronis dari waktu ke waktu.

Dokter kulit, Dr. Beth Goldstein mengatakan bahwa produk penghidrasi dan perbaikan kelembapan dapat membantu. Dan minyak kelapa adalah salah satu bahan yang membantu kulit mempertahankan kelembapan tersebut.

"Minyak kelapa dapat membantu mengatasi retakan dan kehilangan air di lapisan atas kulit dengan menyediakan lipid lemak esensial," kata Goldstein.

“Lipid ini meningkatkan fungsi pelindung kulit, sehingga kulit terasa kenyal dan terhidrasi,” lanjutnya.

(Minyak kelapa adalah salah satu bahan yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

2. Mengandung asam lemak laurat

Goldstein menjelaskan bahwa minyak kelapa penuh dengan asam lemak termasuk asam laurat.

Asam laurat dikenal memiliki efek positif pada kesehatan kulit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa monolaurin yang berasal dari asam laurat menunjukkan aktivitas antivirus dan antijamur. Karena sifat antivirus ini, sebuah studi tahun 2009 mengungkapkan bahwa asam laurat juga berpotensi berguna dalam mengurangi gejala yang terkait dengan acne vulgaris.

3. Meredakan peradangan 

Karena tidak mengandung bahan tambahan atau bahan kimia yang keras, minyak kelapa dalam bentuknya yang paling murni, dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan kondisi kulit seperti eksim.

Lebih spesifiknya lagi, karena minyak kelapa cepat meresap ke dalam kulit, ramuan tersebut dapat bermanfaat dalam meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi rasa gatal yang terkait dengan kondisi kulit ini, menurut artikel National Eczema Foundation.

Selain itu, sebuah studi tahun 2019 menjelaskan bahwa sifat emolien minyak kelapa juga berdampak positif pada dermatitis dan xerosis ringan hingga sedang, atau kulit yang sangat kering.
(yyy)