foto
 

    Detik-detik Robot Penjelajah NASA Berhasil Mendarat di Mars

    19 Februari 2021 13:23 WIB
    California: Wahana penjelajah NASA, Perseverance berhasil mendarat dengan mulus di permukaan Mars pada Kamis, 18 Februari 2021 waktu setempat. Perseverance mendarat setelah berhasil mengatasi fase pendaratan berisiko yang dikenal sebagai 'seven minutes of terror'.

    "Touchdown dikonfirmasi," kata pemimpin operasi Swati Mohan sekitar pukul 15:55 Eastern Time (2055 GMT), disambut sorak-sorai anggota misi di markas besar Jet Propulsion Laboratory NASA.

    Prosedur yang dipandu secara otonom selesai lebih dari 11 menit sebelumnya, yang merupakan waktu yang dibutuhkan sinyal radio untuk kembali ke Bumi.

    "WOW!!" tweet Administrator Asosiasi NASA Thomas Zurburchen saat dia memposting gambar hitam putih pertama Perseverance dari Kawah Jezero di belahan bumi utara Mars.

    Penjelajah ini merupakan yang kelima yang meletakkan roda di Mars. Prestasi pertama kali dicapai pada 1997 dan sejauh ini semuanya milik Amerika.

    Perseverance seukuran SUV dengan berat sekitar satu ton, dilengkapi dengan lengan robotik sepanjang tujuh kaki (dua meter), memiliki 19 kamera, dua mikrofon, dan seperangkat instrumen mutakhir untuk membantu tujuan ilmiahnya.

    Perseverance akan memulai misi multi-tahun untuk mencari tanda-tanda biologis mikroba yang mungkin ada di sana miliaran tahun yang lalu, ketika kondisinya lebih hangat dan lebih basah daripada saat ini.

    Mulai dari musim panas, mereka akan mencoba mengumpulkan 30 sampel batuan dan tanah dalam tabung tertutup, untuk kemudian dikirim kembali ke Bumi sekitar tahun 2030-an untuk analisis laboratorium.

    "Pertanyaan apakah ada kehidupan di luar Bumi adalah salah satu pertanyaan paling mendasar dan esensial yang dapat kami ajukan," kata ahli geologi NASA Katie Stack Morgan.

    "Kemampuan kami untuk mengajukan pertanyaan ini dan mengembangkan penyelidikan ilmiah dan teknologi untuk menjawabnya adalah salah satu hal yang membuat kami sebagai spesies begitu unik."

    NASA juga ingin menjalankan beberapa eksperimen yang menarik - termasuk mencoba penerbangan pertama di planet lain, dengan pesawat tak berawak helikopter bernama Ingenuity yang harus mencapai daya angkat di atmosfer yang satu persen kepadatan Bumi. AFP PHOTO/NASA

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id