foto
 

    Perseverance Mulai Kumpulkan Batuan Mars

    07 Agustus 2021 12:03 WIB
    Jakarta: Penjelajah Perseverance NASA telah mulai mengebor ke permukaan Mars dan akan mengumpulkan sampel batuan untuk dianalisis oleh para ilmuwan di Bumi.

    Badan antariksa AS NASA pada hari Jumat, 6 Agustus 2021 menerbitkan gambar tentang gundukan kecil dengan lubang di tengahnya di sebelah rover -- yang pertama kali digali ke Planet Merah oleh robot.

    "Pengumpulan sampel telah dimulai!" tweet Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi untuk direktorat misi sains NASA.

    Lubang bor tersebut merupakan langkah awal dari proses pengambilan sampel batuan yang diperkirakan akan memakan waktu sekitar 11 hari, dengan tujuan untuk mencari tanda-tanda kehidupan mikroba purba yang mungkin telah terawetkan di endapan dasar danau purba. Para ilmuwan juga berharap untuk lebih memahami geologi Mars.

    Para ilmuwan percaya kawah itu berisi danau yang dalam 3,5 miliar tahun yang lalu, di mana kondisinya mungkin dapat mendukung kehidupan di luar bumi.

    NASA merencanakan misi untuk membawa sekitar 30 sampel kembali ke Bumi pada 2030-an, untuk dianalisis dengan instrumen yang jauh lebih canggih daripada yang bisa dibawa ke Mars saat ini.

    Misi lepas landas dari Florida lebih setahun yang lalu dan Perseverance, yang seukuran mobil keluarga besar, mendarat pada 18 Februari 2021 di Kawah Jezero. AFP PHOTO/NASA/JPL-Caltech

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id