foto
 

    Suasana Upacara Adat Kembul Sewu Dulur di Tengah Pandemi

    14 Oktober 2020 22:05 WIB
    Kulon Progo: Masyarakat di Desa Pendoworejo, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo menggelar upacara adat Kembul Sewu Dulur, Saparan Rebo Pungkasan di Bendung Kayangan, Rabu, 14 Oktober 2020.

    Upacara adat tahunan yang menjadi simbol syukur masyarakat atas rejeki dari Tuhan itu tahun ini digelar dengan protokol kesehatan Covid-19 salah satunya pembatasan jumlah peserta. 

    Bendungan ini bernama Kayangan karena salah satu sisi hulunya berupa dinding tegak lurus pada Bukit atau Gunung Kayangan. Upacara ini dilaksanakan untuk mengenang dan menghargai jasa Mbah Bei Kayangan setiap hari Rabu terakhir (pungkasan) di bulan Sapar bersamaan dengan tradisi merti Bendung Kayangan yang lebih dikenal dengan nama Tradisi Kembul Sewu Dulur Saparan Rebo Pungkasan Bendung Kayangan.

    Pada awalnya upacara ini dilakukan secara sederhana berupa kenduri di rumah Kepala Dusun namun berkat dukungan dari berbagai pihak baik itu budayawan, seniman dan masyarakat upacara tradisi ini bisa dilaksanakan dengan skala lebih besar dan lebih meriah. Muncul gagasan merti bendungan yang dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan upacara untuk ikut memeriahkan dan lebih menyatukan masyarakat dan memberi rasa kebersamaan bagi banyak dusun yang mendapatkan manfaat dari Bendung Kayangan. ANTARA Foto/Andreas Fitri Atmoko

    (KHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id