foto
 

    Sebuah Fragmen Arca Kala Ditemukan di Tulungagung

    20 Juni 2020 11:40 WIB
    Tulungagung: Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berhasil mengidentifikasi benda cagar budaya berbentuk fragmen arca kala (manusia raksasa simbol kejahatan) di area pemukiman padat penduduk Desa Sidorejo, Tulungagung, Jawa Timur, Jumat, 19 Juni 2020. 

    Benda purbakala tersebut diduga peninggalan zaman Kerajaan Singasari. Dua pecahan patung kepala bethara kala itu teronggok begitu saja di atas tanah pekarangan warga. Posisinya setengah timbul ke permukaan. 

    Komunitas pecinta budaya Asta Gayatri sebelumnya sempat melakukan sedikit penggalian untuk melihat kedalaman benda cagar budaya yang diduga berusia ratusan tahun tersebut.

    "Kami menindaklanjuti laporan komunitas Asta Gayatri bahwa ada temuan (benda cagar budaya), sebenarnya bukan temuan (baru) ya. Karena warga sudah tahu sejak lama namun baru dilaporkan sekarang," kata staf BPCB Trowulan di Tulungagung, Haryadi.

    Setelah diperiksa, Haryadi menyatakan fragmen arca kala itu diduga memang benda cagar budaya dari zaman Kerajaan Singasari. Namun untuk memastikan, pihaknya bersama Dinas Budpar Tulungagung berencana melaporkan hasil identifikasi itu ke BPCB Trowulan di Mojokerto.

    Fragmen cagar budaya yang diperiksa pun tak hanya satu. Tak jauh dari fragmen arca kala pertama, sekitar 50 meter, juga terdapat fragmen sejenis dengan ukuran lebih kecil dengan panjang 85 centimeter, lebar 110 centimeter dan tebal sekitar 26 centimeter. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id