foto
 

    Nekat! Atlet Tolak Peluru AS Lakukan Aksi Protes di Podium Medali

    02 Agustus 2021 10:06 WIB
    Jakarta: Atlet tolak peluru putri AS Raven Saunders mengambil resiko terancam sanksi setelah ia melakukan sikap protes di podium medali Olimpiade Tokyo 2020, Minggu, 1 Agustus 2021.

    Aksi protes di podium yang dilakukan Saunders merupakan yang pertama kalinya terjadi di Olimpiade Tokyo.

    Atlet Afrika-Amerika berusia 25 tahun itu menyilangkan tangannya dalam bentuk 'X' selama upacara penyerahan medali di Stadion Olimpiade. Dia meraih perak dalam nomor tersebut.

    Media AS, seperti dikutip AFP, melaporkan bahwa Saunders, yang berkulit hitam dan pendukung hak-hak LGBT, mengatakan sikap atlet tersebut dibuat sebagai solidaritas pada orang-orang tertindas.

    Setelah meraih medali perak, Saunders mengatakan dia ingin mewakili orang-orang di seluruh dunia yang sedang berjuang dan tidak memiliki platform untuk berbicara sendiri.

    Aksi Saunders menjadi ujian pertama dari aturan Komite Olimpiade Internasional yang melarang protes dalam bentuk apa pun di podium medali Olimpiade.

    IOC mengubah aturannya mengenai protes atlet menjelang pertandingan, dengan mengatakan bahwa protes damai sebelum kompetisi akan diizinkan.Namun badan penyelenggara Olimpiade itu mempertahankan aturan ketat terhadap protes di podium medali. Tidak jelas sanksi apa yang akan dihadapi Saunders. AFP PHOTO/Ina Fassbender/Ben Stansall/Andrej Isakovic

    (WWD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id